get app
inews
Aa Read Next : Bayar Pajak Kendaraan di Brebes Gratis Souvenir Sembako, Catat Tempat dan Tanggalnya

Selain Bashor, Oknum Samsat Brebes AIA Juga Punya Korban Lain

Senin, 02 Januari 2023 | 16:43 WIB
header img
Korban penipuan AIA seorng oknum petugas Samsat Brebes yang berstatus ASN ternyata bukan hanya Bashor. Foto: Istimewa.

BREBES, iNewsBrebes.id - Korban penipuan AIA seorng oknum petugas Samsat Brebes yang berstatus ASN ternyata bukan hanya Bashor yang merupakan warga Indramayu, Jawa Barat. Paska ramainya pemberitaan, muncul korban lain.

Salah satunya Warga Kelurahan Brebes, Pranoto (59) mengaku mengalami hal yang sama di tahun 2021. Saat itu ia datang ke Samsat Brebes untuk mengurus perpanjangan STNK mobilnya.

Usai mengantri, dia maju ke meja pelayanan yang dijaga AIA. Petugas pelayanan saat itu mengatakan bahwa perangkat komputer sedang mengalami masalah dan dia menawarkan untuk menitipkan uang pajaknya. Tanpa curiga, dia pun menyerahkan uang pajak berikut tips sebesar Rp 3,5 juta.

"Dia duduk di meja pelayanan, pas giliran saya dan mau proses, dia bilang ada kerusakan pada perangkat komputernya. Terus saya ditawari supaya uangnya dititipkan ke dia dan dalam waktu lima hari akan selesai," ungkap Pranoto, Senin (2/12/2022).

Sesuai waktu yang dijanjikan, Pranoto kembali ke Samsat untuk menagih janji oknum tersebut. Berharap membawa STNK, petugas berinisial AIA ini mengatakan surat kendaraan Pranoto belum jadi karena berkasnya dibawa teman kantor. Beberapa hari kemudian, Pranoto kembali menagih surat dan jawabannya selalu belum jadi.

"Ditagih beberapa kali ada saja alasannya. Akhirnya lapor ke atasan dia. Sehingga akhirnya uang saya kembali meski tidak penuh. Dari Rp 3,5 juta kembali hanya Rp 2,5 juta. Saya terpaksa nambahi lagi buat bayar perpanjangan STNK. Pokoknya hati-hati kalau mau bayar pajak di Samsat," bebernya.

Namun belum lama ini, Pranoto ditelefon oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk mengambil uang kekurangan yang Rp. 1 juta tersebut ke Samsat Brebes.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut