get app
inews
Aa Read Next : Bayar Pajak Kendaraan di Brebes Gratis Souvenir Sembako, Catat Tempat dan Tanggalnya

Wajib Tahu Nih! Bayar Pajak Kendaraan di Brebes Semakin Mudah, Bisa Bayar di Bank Brebes

Jum'at, 14 Juli 2023 | 10:27 WIB
header img
Kepala Samsat Brebes Agung B saat melakukan MOU dengan Bank Brebes. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Inovasi Samsat Brebes untuk mempermudah wajb pajak membayarkan pajaknya kini kian beragam. Untuk percepatan penuntasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Samsat Brebes jalin kerjasama dengan Bank Brebes. Dengan begitu, bagi wajib pajak tak perlu lagi mengantri lama di loket pembayaran Samsat, melainkan bisa juga ke Bank Brebes.

Salah satu trobosan ini dibentuk, tetntunya untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah sehingga pembangunan daerah makin meningkat. 

Kerjasama kedua Instansi antara UPPD Samsat Brebes dengan Bank Brebes ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Dadan Hardiana Agustina dan Agung Breliantoro di Aula Lantai 5, Kantor Pemerintahan Terpadu, Brebes, Kamis (13/7/23) kemarin.

 Kepala UPPD Samsat Brebes Agung Breliantoro mengatakan, kerjasama ini merupakan pionir dengan Bank-Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ada Brebes. Kedepan, inovasi-inovasi ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam membayar PKB. Dengan semakin mudahnya pelayanan maka dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Agung melaporkan, di triwulan pertama Kabupaten Brebes mengalami peningkatan PAD dari PKB sebanyak 7 persen dibandingkan tahun 2022. Sedangkan di triwulan kedua sebesar 11 persen. Sementara untuk Bea Balik Nama di triwulan I naik sebesar 23 persen dan termasuk nomor satu se Jawa Tengah. 

“Tentu, tantangan ke depan kita punya PR menuntaskan potensi kendaraan yang harus ditagih pajaknya,” ujarnya, saat dikonfirmasi Jumat, (14/07/2023).

Kerjasama dengan Bank Brebes merupakan jawaban untuk mempermudah pelayanan dengan penambahan titik-titik layanan. Dengan semakin mudah dan dekatnya pelayanan maka kesadaran masyarakat diharapkan semakin meningkat pula. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut