get app
inews
Aa Read Next : Prihatin, Rumah Sepetak di Gang Sempit Kawasan Kumuh Kota Brebes Dihuni 6 Orang 

Warga Brebes Menyandang Kemiskin Ekstrem

Selasa, 01 November 2022 | 21:29 WIB
header img
Bupati Brebes saat memberikan Bansos Modal Usaha kepada Warga Miskin Ekstrem. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNewsBrebes.id - Sebanyak 17,43 persen dari total penduduk 1,9 juta jiwa. Dan ada sekitar 314.950 jiwa yang masuk kategori masyarakat miskin, dari jumlah tersebut sebanyak 197.520 jiwa yang masuk miskin ekstrem.

Data tersebut diungkapkan Bupati Brebes Idza Priyanti saat memberikan bantuan sosial modal usaha untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem.

"Pemerintah Kabupaten Brebes terus gencar keroyokan menanggulangi kemiskinan ekstrem. Upaya tersebut dilakukan dengan cara melibatkan peran dan intervensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melalui berbagai kegiatan pelatihan dan bantuan stimulant modal usaha," ujar Idza Priyanti dalam rilisnya, Selasa (01/11/2022).

Pemkab Brebes, Kata Idza, saat ini tengah melakukan transformasi upaya penanggulangan kemiskinan dengan pemberdayaan masyarakat miskin melalui berbagai pelatihan. Seperti budidaya jamur, pelatihan pengembangan usaha pangan dan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok masyarakat rentan kemiskinan. Dengan demikian warga yang dibantu atau yang dilatih memiliki bekal usaha yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pelatihan tersebut antara lain Budidaya Jamur oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan sasaran 100 orang di 4 Kecamatan Yakni Bulakamba, Losari, Ketanggungan Dan Larangan. Para peserta mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 ribu per-orang. Selain itu, masing-masing peserta juga menerima bantuan 25 media tanam jamur.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut