get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Polisi Edukasi Berlalulintas Siswa SMPN 1 Brebes

Prihatin, Rumah Sepetak di Gang Sempit Kawasan Kumuh Kota Brebes Dihuni 6 Orang 

Kamis, 14 September 2023 | 09:56 WIB
header img

BREBES, iNewsBrebes.id - Potret keluarga miskin masih menjadi momok di Kabupaten Brebes yang menyandang kabupaten miskin ekstrem. Rusmini (45), bersama ketiga anaknya tinggal di rumah sempit di kawasan kumuh yang berada di pusat Kota Brebes.

Mereka juga tinggal bersama dua anak yatim dari mendiang saudaranya yang telah lama meninggal. Rumah sempit berukuran 4x4,5 meter dengan satu kamar yang berlokasi di gang sempit ini dihuni enam orang.

Rumah Rusmini merupakan warisan dari orangtuanya. Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan. Banyak atap yang bolong bolong dan bocor saat hujan.

Rumah itu hanya terdiri dari ruang tamu, dapur, dan satu kamar yang masing-masing ruangan dibatasi sekat. Untuk MCK, posisinya terbuka tanpa pintu dan berdekatan dengan kamar. Sementara untuk kebutuhan air, ia harus mengangsu air dari tetangganya. 

"Listriknya nyalur ke tetangga, tiap bulan iuran bayar listrik Rp40 ribu," kata Rusmini ditemui di rumahnya di RT 03 RW 01 Kelurahan Pasarbatang, Brebes, Rabu (13/9).

Rusmini telah ditinggal suaminya selama berpuluh tahun. Namun ia sering mendapat kiriman uang dari suaminya sekedar untuk jajan anak-anaknya.

Untuk kebutuhan sehari-hari, ia harus berjualan jajan keliling di kampung perkotaan. Ia juga harus membiayai ketiga anaknya yang masih sekolah di SD, MTs, dan SMA. Sedangkan dua anak yatim piatu yang juga keponakan Rusmini telah putus sekolah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut