get app
inews
Aa Read Next : Geger! Kena Bacok Tetangganya, 2 Warga Desa Kupu Alami Luka Serius

Pemkab Brebes Klaim Stok Pupuk Subsidi di Brebes Aman, Benarkah?

Sabtu, 12 November 2022 | 22:05 WIB
header img
emerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengkalim, jika stok pupuk subsidi yang ada saat ini aman. Foto: Istimewa.

BREBES, iNewsBrebes.id - Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengkalim, jika stok pupuk subsidi yang ada saat ini aman. Padahal, sebelumnya sejumlah petani di Desa Glonggong Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja ke Brebes beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan data alokasi yang ada di dinas, dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes itu kami masih punya sisa alokasi. Jadi tidak ada alasan tidak ada stok pupuk di Brebes baik Urea maupun NPK tidak ada yang minus. Sementara stok di Kecamatan Wanasari saja baru diambil 73% atau masih tersisa 444, 254 ton," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes, Sabtu (12/11/2022).

Bahkan, lanjut Yulia, di Kecamatan Kersana stok untuk pupuk Urea sampai dengan Bulan November masih mempunyai alokasi 48 %. 

"Karena dari alokasi yang ada itu baru diambil 52 %, artinya masih separuh," jelasnya.

Sementara menanggapi keluhan petani di Kecamatan Bulakamba, untuk stok pupuk supsidi yang ada baru diambil 86 %. Secara tonase masih ada sisa 626, 192 ton.

"Kalo secara keseluruhan di 17 kecamatan masih tersisa 11.334, 040 ton atau masih aman, masih aman tinggal kita memantau distribusinya. Kalau ada yang minus ini masih bulan nov, kalo memang masih dibutuhkan para petani kami masih bisa realokasi dari kecamatan yang surplus ke kecamatan yang minus," ungkapnya.

Perlu diketahui juga, kata Yulia, bahwa untuk pupuk bersupsidi saat ini hanya  2 macam. Yakni NPK dan Urea, karena sebelumnya petani di Kecamatan Larangan juga mengadukan bahwa tidak bisa mendapatkan pupuk supsidi ZA dan SP36. Sedangkan pupuk yang dimaksud mulai bulan juni kemarin sudah tidak ada supsidinya.

"Jadi kami tegaskan bahwa pupuk supsidi yang ada saat ini tinggal 2 yakini NPK dan Urea," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut