get app
inews
Aa Read Next : Gegara KIS Tidak Aktif, Keluarga Miskin di Brebes Tak Mampu Obati Anaknya

Pilu, Balita 2 Tahun di Brebes Alami Gizi Buruk

Senin, 31 Oktober 2022 | 22:39 WIB
header img
Balita berusia 2 tahun 8 bulan di Desa Padakaton, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes menderita gizi buruk. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNewsBrebes.id Memilukan, Muhammad Salman Amrillah balita berusia 2 tahun 8 bulan di Desa Padakaton, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes menderita gizi buruk hingga badannya sangat kurus. Keluarga kurang mampu ini tidak sanggup membawa bayi berobat karena tidak memiliki biaya.

Anak pertama pasangan Ade Sunarto (39) dan Siti Salamah (32) ini memiliki badan yang sangat kurus. Jika balita normal pada umumnya memiliki bobot 12 kg pada usia 2 tahun 8 bulan, namun Salman hanya memiliki berat badan hanya 5 kg.

Bahkan, Salman panggilan akrabnya, tampak tinggal tulang terbungkus kulit. Leher bayi pun kecil hingga tidak mampu menopang kepala secara mandiri. Setiap kali digendong, kepala bayi harus ditopang dengan tangan supaya sejajar dengan badan.

Salamah, Ibu dari Salmam mengungkapkan, anaknya itu lahir normal. Saa itu Salman memiliki bobot 3,5 kg dan tidak memiliki kelainan apapun, namun ketika memasuki usia 7 bulan, anaknya menunjukkan perkembangan yang tidak normal dan semakin kurus.

"Saat lahiran bobotnya 3,5 kg dan sempat tumbuh normal. Mulai ketahuan itu ada penyakit setelah mau tujuh bulan. Saya sedang menyiapkan syukuran untuk 'udun udunan' (bayi mulai turun ke tanah untuk latihan berjalan). Sampai setahun lebih ternyata makin kurus dan sampai sekarang," ujarnya saat ditemui di rumahnya, Senin (31/10/2022).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut