get app
inews
Aa Read Next : Pulau Watakano Destinasi Wisata Seks Paling Populer di Jepang, Berjaya Pada Era 80 an

3 Negara yang Memberi Sanksi Kejam Terhadap Rusia

Rabu, 07 September 2022 | 18:52 WIB
header img
Tiga negara yang memberi sanksi kejam terhadap rusia. (Reuters)

2. Republik Ceko 

Republik Ceko menjadi nama berikutnya dari negara Eropa yang memberikan sanksi terkejam kepada Rusia. Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala sebelumnya memberikan sanksi kepada Rusia berupa penangguhan visa warga negara Rusia. 

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Republik Ceko terhadap sanksi internasional yang diberikan kepada Rusia. Setelah sanksi tersebut diberlakukan, muncul sanksi tambahan yang diberikan Republik Ceko untuk Rusia. 

Sanksi tersebut berupa larangan penerbangan bagi maskapai Rusia ke negara Eropa Tengah. Selain itu, Perdana Menteri (PM) Petr Fiala juga menyatakan akan mempercepat pembekuan dua bank Internasional yang didirikan pada era Uni Soviet.

Hal ini dilakukan karena menurut Fiala, kenangan invasi uni soviet ke Cekoslovakia pada 1968 masih meninggalkan dendam dan membuat ceko lebih keras ke Rusia dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. “Kami adalah negara yang mengalami kebijakan agresif Rusia atau Uni Soviet, dan pengalaman sejarah kami membuat kami jauh lebih sensitif terhadapnya (Rusia),” ujar Petr Fiala. 

3. Jerman

Jerman adalah negara Eropa selanjutnya yang memberikan sanksi kejam terhadap Rusia. Sebelumnya, Kanselir Jerman Olaf Scholz telah mengumumkan penghentian proses sertifikasi pipa gas Nord Stream 2 dari Rusia. 

Proyek senilai USD11,6 miliar ini dimiliki perusahaan gas Rusia bernama Gazprom. Setelah sanksi tersebut berlaku, pihak perusahaan yang membangun pipa gas Nord Stream tersebut menyatakan bahwa ada kemungkinan akan terjadi kebangkrutan akibat sanksi yang diberikan.

Sebelumnya, proyek bernilai tinggi tersebut dirancang untuk menggandakan kapasitas gas dari Rusia ke Jerman. Saat itu, Pipa sepanjang 1.230 km tersebut belum memulai operasi perdagangannya karena menunggu sertifikasi dari Jerman, namun pekan lalu Jerman telah menghentikan proses sertifikasi sebagai bentuk sanksi untuk Rusia atas invasinya ke Ukraina. 

Sejak invasi Rusia, banyak perusahaan minyak memutuskan keluar dari zona operasinya di Rusia termasuk Shell yang menyatakan tidak terlibat lagi dalam proyek Nord Stream 2 dan investasi lainnya. Selain itu, muncul sanksi lain seperti beberapa perusahaan raksasa Jerman seperti Volkswagen, Daimler dan BMW yang memutuskan untuk menghentikan sementara produksinya di Rusia sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Itulah 3 negara yang memberi sanksi kejam terhadap rusia. semoga menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut