Logo Network
Network

Penemu Mie Istan Pertama di Dunia, Momofuku Ando Pengusaha Asal Jepang, Begini Sejarahnya

Tim Liputan
.
Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Penemu Mie Istan Pertama di Dunia, Momofuku Ando Pengusaha Asal Jepang, Begini Sejarahnya
Penemu Mie Instan Pertama di Dunia,Momofuku Ando ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pengusaha asal Jepang, Momofuku Ando adalah orang pertama yang mempelopori produksi massal mi instan di dunia.

Ia menciptakan mi instan kemasan lengkap dengan bumbunya pada 1958 usai Jepang mengalami kekalahan pada Perang Dunia II. Momofuku Ando jugalah yang menjadi pendiri perusahaan mi, Nissin Foods. 

Bagaimana Momofuku Ando menemukan mi instan pertama di dunia? Simak ulasan lengkap sejarah mi instan berikut ini!

Momofuku Ando merupakan salah satu pengusaha yang mengalami kebangkrutan akibat Perang Dunia II. Di tengah kekalahan Jepang pada PD II, penduduk Negeri Sakura yang selamat dari serangan Sekutu harus mengalami kelaparan. 

Pemerintah Jepang pun fokus memiliki kebijakan yang mendorong warganya untuk lebih banyak mengkonsumsi tepung gandum yang memang merupakan komponen utama bantuan Amerika Serikat pada saat itu. 

Ando pun memiliki peluang untuk membangun kembali bisnisnya yang hancur pada PD II. 10 Tahun setelah perang berakhir, Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pertanian Jepang pun menghubungi Momofuku Ando untuk bekerjasama mengatasi krisis pangan ini. 

Alih-alih membuat roti, Momofuku Ando justru memilih membuat usaha mi. Padahal, dirinya memiliki pengalaman apapun sebagai juru masak. Ando menilai bahwa mi akan dapat mengatasi krisis pangan di dunia dan membawa perdamaian.

Ando teringat peristiwa ketika perang berakhir, para pekerja rela antre panjang demi menunggu semangkuk sup ramen hangat. Dari situlah, Ando terinspirasi untuk membuat makanan yang bisa disajikan secara cepat dan modern. 

Ia kemudian menjadi pengusaha pertama yang mempelopori produksi massal mi instan dengan proses produksi secara industri, mulai dari pembuatan mi, pengukusan bumbu, sampai dehidrasi dalam panas minyak. Ia berhasil menciptakan bahan pangan dari mi yang dikeringkan dan bisa dikonsumsi dengan cara direbus kembali. 

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.