get app
inews
Aa Read Next : Ada Sinyal Kuat dari Demokrat Brebes, Paramitha Berpeluang Besar Dapat Rekomendasi

Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Senin, 29 April 2024 | 19:59 WIB
header img
Para buruh tani saat melakukan deklarasi dukung Dian Alex Chandra jadi Bupati Brebes 2024. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Giliran para buruh tani yang mayoritas emak emak menyatakan dukungan untuk Dian Alex Chandra seorang tokoh petani bawang merah untuk maju pada kontestasi Pemilukada 2024 mendatang.

Sebelumnya, para kelompok tani atau gapoktan, juga menyatakan dukungan yang sama untuk Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) tersebut.

Deklarasi dukungan ini digelar di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2024) sore. Ratusan wanita pekerja bawang hadir dan menyatakan mendukung agar Dian Alex Chandra maju dalam kontestasi pilkada Brebes.

Perwakilan buruh petani wanita Wurti (45) mengatakan, dukungan ini didasari komitmen kuat Alex terhadap petani Brebes. Sebagai buruh petani, lanjut dia, Alex sudah mengalami jatuh bangun dalam budidaya bawang merah.

"Setahu saya, Mas Alex sangat perhatian terhadap masalah pertanian. Dia sukses melalui proses yang panjang, pernah bangkrut juga. Jadi tumbuh menjadi petani sukses melalui ujian yang berat," ujarnya.

Wurti mengungkap, wanita pekerja bawang sepakat mendukung Alex karena didasari keprihatinan kondisi pertanian di Brebes yang jarang mendapat perhatian pemerintah. Jika sistem pertanian dikelola dengan baik, secara otomatis produktifitas pertanian akan naik. Sehingga para wanita pekerja bawang banyak memiliki kesempatan kerja.

"Kalau pertanian bagus, hasilnya banyak. Kami sebagai pekerja bisa menambah penghasilan karena banyak pekerjaan. Selama ini sektor pertanian kurang diperhatikan, contohnya irigasi banyak yang tidak berfungsi sehingga sawah sawah hanya mengandalkan hujan," ungkapnya usai deklarasi.

Selain itu, buruh tani ini percaya, jika Alex terpilih nanti akan bisa membawa kalangan petani dan pekerjanya lebih sejahtera. Menurut mereka, lelaki yang menjabat Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia ini juga memiliki jaringan luas. 

"Jika terjadi harga anjlok karena panen banyak kita kita yang kena dampak karena harga murah. Tapi saya percaya Mas Kaji Alex bisa mencarikan solusinya. Mungkin memasarkan ke luar negeri atau daerah daerah lain biar harga stabil," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut