get app
inews
Aa Read Next : 432 Siswa SMAN 1 Bulakamba Brebes Ikuti Edukasi Penerimaan Polri dari AKP Ibnu Setyadi

Banyak Nelayan Meninggal saat Melaut, Satpolairud Polres Brebes Wajibkan Nelayan Cek Kesehatan

Rabu, 24 Mei 2023 | 11:48 WIB
header img
ABK saat mendapatkan pelayanan Cek kesehatan gratis dari Satpolairud Polres Brebes. Foto : Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Banyaknya laporan terkait Anak Buah Kapan (ABK) yang meninggal dunia saat melaut lantaran sakit, Satpolairud Polres Brebes mewajibkan para ABK untuk memeiksakan kesehatan sebelum berangkat melaut.

Seperti yang dilakukan hari ini Rabu (24/05/2023), puluhan ABK yang hendak melakukan berlayar dari Pelabuhan Kluwut diwajibkan melakukan pengecekan kesehatan yang bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu kluwut.

Kasat Polairud Polres Brebes Kompol Sutikno mengungkapkan, pihaknya tak ingin lagi mendapatkan adanya laporan ABK yang meninggal diatas kapal saat melaut lantaran sakit yang diderita.

"Kami ingin semua ABK atau nelayan yang melaut saat akan berangkat dalam kondisi tubuh yang fit tidak dalam keadaan sakit, maka dari itu hari ini kami kumpulkan puluhan nelayan yang akan melaut dan kami berikan pengecekan kesehatan yang bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu Kluwut, program ini juga kami beri nama Cek Kesehatan Berlayara (CKB)," ujarnya.

Kompol Sutikno menyebut, salah satu korban yang meninggal saat melaut yaitu Kadiri (60) warga Desa Grinting, Kecamatan Bulakmba. Saat itu korban tiba tiba terjatuh dan tak sadarkan diri hingga kemudian dinyatakan meninggal dunia.

"Dari latar belakang tersebut, kami sebagai Polisi yang paling dekat dengan nelayan ingin memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Harapannya, dengan pelayanan pengecekan kesehatan ini semua nelayan yang berangkat benar benar dalam kondisi tubuh yang bugar. Sehingga bisa mencari ikan dilaut dan pulang membawa hasil yang mkasimal," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut