Logo Network
Network

Cegah Kecelakaan Nelayan di Laut, Satpolairud Polres Brebes Bagikan Life Jaket

Petra Akbar
.
Kamis, 09 Maret 2023 | 10:28 WIB
Cegah Kecelakaan Nelayan di Laut, Satpolairud Polres Brebes Bagikan Life Jaket
Kasatpolairud Kompol Sutikno saat mengenakan lifr jaket kepada nelayan. Foto:Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Untuk mencegah kecelakaan nelayan di kawasan laut, Satpolair Polres Brebes menggelar apel peduli keselamatan dalam aktivitas perairan melalui program Ikan Selayar (Ikut Andil Keselamatan Berlayar) yang dilaksanakan dikawasan obyek wisata Mangrovesari Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Rabu (8/3/2023).

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq, selaku Pimpinan Apel dalam sambutanya menyampaikan bahwa Program Ikan Selayar terbentuk karena rasa keprihatinan atas terjadinya musibah kecelakaan laut/air yang terjadi diwilayah Jajaran Polda Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala BPBD Brebes, Kapos Angkatan Laut (AL), Kepala Syahbandar Kluwut dan para Pejabat Utama (PJU) Polres, Kapolres Brebes memberikan pesan keselamatan kepada para nelayan dan Pokdarwis Mangrove desa Kaliwlngi.

Kapolres Brebes juga memberikan bantuan alat keselamatan berupa life jacket sebanyak 25 untuk Pokdarwis dan perwakilan nelayan.

AKBP Guntur berpesan dengan memberikan pemahaman lebih kepada para nelayan terkait dengan kegiatan berlayar atau melaut untuk benar benar memperhatikan faktor keselamatan.

Selain itu, para nelayan juga dapat memperhitungkan situasi dan juga kondisi alam perairan.

"Kita tidak pernah tahu bagaimana situasi kondisi alam. Oleh karena faktor keselamatan adalah yang paling utama," tegasnya.

Selain untuk dapat memperhatikan faktor keselamatan, para Nelayan juga diminta untuk menghindari sengketa saat berlayar maupun kecerobohan kecerobohan yang bisa menyebabkan kecelakaan diwilayah perairan (laut).

Lanjut AKBP Guntur, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya Polri (Satpolair) untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan diwilayah perairan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan sudah menjadi standar prosedur keselamatan.

"Oleh sebab itu dengan adanya program Ikan Selayar ini diharapkan dapat melakukan pencegahan dengan meminimalisir terjadinya kecelakaan laut dengan memberikan bantuan Life Jacket untuk keselamatan dalam berlayar dan aktivitas perairan lainya," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.