get app
inews
Aa Read Next : Pelajar Brebes Tenggelam di Sungai Nipon Sawojajar, Tim SAR Belum Temukan Korban

KMN Rukun Jaya tenyata Tenggelam di Laut Utara Jakarta, 6 ABK Hilang

Jum'at, 27 Januari 2023 | 16:19 WIB
header img
Satpolairud Polres Brebes saat mengefakuasi korban selamat. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - KMN Rukun Jaya asal Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes ternyata tenggelam di Laut Utara Jakarta bukan di Laut Bangka Belitung. Dalam peristiwa yang terjadi pada Rabu (25/01/2023) tersebut, 6 ABK dinyatakan hilang.

AKP Sutikno Kasat Polairud Polres Brebes meralat pernyataannya pada Kamis (26/01/2022), menurutnya KMN Rukun Jaya yang dinahkodai oleh Sodikin (42) awalnya berangkat melaut dengan 27 ABK dan 1 Nahkoda menuju ke perairan Utara Jakarta, kemudian saat sampai di Laut Utara Jakarta terjadi ombak tinggi hingga menyebabkan kapal terbalik dan tenggelam.

"Akibat peristiwa tersebut, 6 ABK dilaporkan hilang dan belum ditemukan," ujarnya, Jumat (27/01/2023).

AKP Sutikno menyebut, ABK yang hilang tersebut belum pasti meninggal dunia, bisa saja dievakuasi oleh kapal nelayan lain.

"Sementara ABK yang selamat berhasil dievakuasi oleh kapal jaring milik nelayan setempat, sedangkan 6 orang ABK yang hilang Jenal (35) , Wahyudin (30), Wandi (20), Kocar (20), Hadi (18) dan Jamal (20). Semuanya masih dalam pencarian sampai saat ini," ungkapnya.

 Sementara untuk 22 ABK yang selamat, kata AKP Sutikno, sudah berhasil dipulangkan ke Brebes. Pada Kamis (26 Januari 2023) pukul 24.00 WIB mendarat dipelabuhan Ikan Kluwut Kecamatan Bukakamba, Brebes. 

Berdasarkan SAR Map drift korban hanyut ke arah selatan-tenggara dengan cuaca berawan, kencang angin: 20 Knot, Tinggi Gel 1.2 Mtr. Unsur SAR yang terlibat dalam pencairan tersebut Kansar Pangkalpinang, Kansar Jakarta dan Kansar Banten.

"Sesampainya ABK korban kapal tenggelam yang selamat tiba di pelabuhan, selanjutnya dievakuasi menggunakan mobil siaga Desa dan mobil Puskesmas menuju Puskesmas Kluwut untuk dilakukan pemeriksaan medis," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut