Tanpa Uluran Pemerintah, Warga di Larangan Gotong Royong Buat Bronjong

Petra Akbar
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 01:34 WIB
Tanpa uluran pemerintah, warga di Larangan gotong royong buat bronjong. Foto: Petra Akbar.

BREBES, iNewsBrebes.id -  Tanpa uluran pemerintah, warga di Larangan gotong royong buat bronjong. Sebagai langkah untuk pencegahan banjir yang melanda di sejumlah wilayah di Desa Pamulihan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, dikarenakan sering meluapnya sungai Cikeusal di musim penghujan, warga masyarakat desa Pamulihan bergotong royong membuat bronjong (gabion), Kami (01/12/2022).

Inisiator sekaligus kooridinator kegiatan Rakwan, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pembuatan bronjong direncanakan 400 meter. Saat ini baru digarap kisaran 100 meter di tepi sungai yang sementara ini memang perlu segera ada penanganan intensif.

"Kegiatan sudah berjalan 26 hari. Kemarin sungai banjir biasanya meluap ke pemukiman sekarang hanya sampai persawahan saja, mudah-mudahan setelah pembuatan bronjong selesai sudah aman banjir," katanya.

Ia menambahkan, berawal di tahun 2018 sungai Cikeusal ketika hujan deras  mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir, pasalnya areal permukaan sungai yang dangkal sehingga air mudah mengalir ke pemukiman warga, dari keadaan tersebut ia merasa khawatir dan peduli agar bencana tidak berulang.

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini