get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Berkendara Motor Tanpa Plat Nomor Polisi, Pelajar SMP di Brebes Tewas Tertabrak Elf

Gelar Pertemuan, PDI-P dan PKB Bakal Duet di Pilkada 2024?

Minggu, 09 Juni 2024 | 22:06 WIB
header img
PKB dan PDIP gelar pertemuan. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggelar pertemuan tertutup dengan DPC PKB Brebes, Sabtu (08/09/2024). Keduanya bahkan tak menampik, jika ada kemungkinan untuk berduet di Pilkada 2024 mendatang.

Ketua DPC PDI-P Indra Kusuma menerima kehadiran Ketua DPC PKB Zubad Fahilatah bersama Ketua Desk Pilkada Ahmad Soleh dan jajajarannya. 

Sinyal koalisi dua partai peraih kursi DPRD terbanyak di Brebes itu menguat. Selain dengan PKB, PDI-P ternyata sudah menjalin komunikasi dengan semua parpol.

Jika semua berhasil dirangkul PDI-P, wacana mengusung pasangan calon tunggal di Pilkada 2024 pun mencuat. 

Ketua DPC PDI-P Indra Kusuma tak menampik bisa saja muncul pasangan calon tunggal ketika pada akhirnya semua parpol bergabung dengan PDI-P.

"Kalau menghendaki (calon tunggal), saya tidak bisa ngomong. Tapi kalau toh umpamanya terjadi calon tunggal ya apa boleh buat," kata Indra usai pertemuan dengan DPC PKB di kantor DPC PDI-P.

Indra mengaku telah menjalin komunikasi dengan semua parpol yang masuk parlemen. Termasuk Partai Nasdem yang hanya memiliki 1 kursi di DPRD. 

"Selain dengan PKB, semua partai di Brebes utamanya yang ada di DPRD semua sudah komunikasi. Termasuk partai Nasdem," katanya.

Menurut Indra, ketika memang muncul pasangan calon tunggal, tetap saja demokratis. Parpol dianggap mewakili cerminan masyarakat.

"Apakah calon tunggal tidak demokrasi? tetap demokrasi. Karena apapun, partai adalah penjelmaan dari masyarakat atau rakyat Brebes," ucapnya.

Sementara saat ditanya kapan rekomendasi bakal calon dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) turun, Indra menyebut hal itu nantinya akan diumumkan langsung oleh DPP. 

"Terkait rekomendasi dari DPP, nanti DPP yang akan umumkan sendiri. Saya sebagai Ketua DPC tidak punya kapasitas untuk beri keterangan karena itu kode etik," terangnya.

Ketua DPC PKB Zubad Fahilatah tak memungkiri jika potensi koalisi dengan PDI-P bisa saja terjadi.  

"PKB dengan PDI-P sejak reformasi sudah kerjasama. Terkait kemungkinan arah koalisi ini kan dinamis ya, bisa juga terjadi. Yang jelas saat ini kita menjalin silaturahmi kerjasama yang mungkin pada saatnya juga koalisi," kata Zubad. 

Zubad mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan DPP. Saat ini para bakal calon yang telah mendaftar sedang mengikuti Uji Kompetensi dan Kelaiakan (UKK) di DPP.

"Kita tunggu rekomendasi dari DPP PKB, karena semua bakal calon dari PKB sedang melaksanakan UKK. UKK jadwalnya sampai akhir Juni. Rekomendasi (tetap) dari pusat," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut