get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Berkendara Motor Tanpa Plat Nomor Polisi, Pelajar SMP di Brebes Tewas Tertabrak Elf

Usung "Energi Baru Brebes Maju", Baliho Heri Laksono Cawabup Brebes Mulai Bertebaran

Kamis, 30 Mei 2024 | 21:43 WIB
header img
Baliho Heri Laksono mulai banyak terlihat di Pantura Brebes. Foto: Istimewa

BREBES, iNews.id - Suasana jelang pesta demokrasi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah semakin menggeliat dengan keberadaan baliho foto disertai slogan para kandidat pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. 

Salah satunya baliho yang banyak bertebaran di Kota Bawang adalah putra daerah Heri Laksono (33), tokoh muda nelayan dan juga pengusaha properti yang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup). 

Baliho yang dipasang Heri Laksono beragam bentuk ukuran. Tak hanya terpasang di jalanan protokoler, baliho Heri Laksono juga mulai terpasang hingga ke pelosok desa.

"Untuk baliho besar yang sudah naik 5 titik, total ada 10," kata Heri Laksono, Kamis (30/5/2024). 

Heri mengungkapkan, selain memasang gambar foto dirinya untuk lebih dikenal masyatakat luas, Heri juga aktif sambang dan silaturahmi dengan sejumlah tokoh.

Mulai dari tokoh masyarakat nelayan, petani, tokoh agama dan lapisan masyarakat lainnya tidak hanya di wilayah pantura, namun Brebes wilayah selatan. 

"Selain terus menjalin silaturahmi, saya juga menyerap aspirasi, berbagai persoalan dan keluhan masyarakat. Termasuk harapan masyarakat kepada pemimpin Brebes mendatang," pungkas Heri Laksono. 

Lalu siapakah Heri Laksono?

Heri Laksono lahir di kampung nelayan, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada 17 September 1991. Heri lahir dan dibesarkan di keluarga dan lingkungan nelayan. 

Anak pertama dari enam bersaudara ini pernah menjadi Tenaga Kerja Indonensia (TKI), bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Taiwan. Ia melakoni pekerjaan pelayaran selama kurun waktu tahun 2010-1016.

Di tahun 2016 itu, Heri kembali ke kampung halamannya di Desa Kaliwlingi, Brebes. Ia pun memulai usaha kecil-kecilan dengan membuka toko material bangunan. 

Ayah dari tiga anak ini juga sempat menjadi sopir dump truk sampai tahun 2019. Dengan modal pas-pasan, Heri Laksono nekat menggeluti bisnis properti perumahan komersil di Kecamatan Margadana Kota Tegal. 

Bisnis properti yang ia geluti makin moncer hingga tahun 2021 ia membuka komplek perumahan komersil di lokasi kedua, di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari, Brebes. 

Tahun berikutnya, ia kembali membuka komplek perumahan di lokasi ketiga di Desa Pejagan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Saat ini, ia sedang membuka bisnis perumahan ke-4 nya di Kabupaten Pemalang sebanyak 280 unit. 

Tak hanya itu, kini ia pun mulai merambah ke bisnis lainnya. Selain menekuni bisnisnya, ia juga sering menyisihkan waktu untuk berbagai kegiatan sosial, khususnya membantu kesulitan para nelayan di desanya.

Bahkan ia juga membuat koperasi nelayan sebagai upaya stabilisasi harga hasil tangkapan laut. Heri juga menginisiasi melakukan pengerukan sungai dangkal yang dikeluhkan nelayan secara swadaya. 

Sebagai mantan ABK nelayan di Taiwan, ia pun mempelajari bagaimana pengelolaan sektor ekonomi nelayan di negara tersebut. Menurut dia, di kampungnya terlalu banyak birokrasi yang berbelit. 

"Tidak semua nelayan itu paham soal birokrasi perizinan melaut dan lain-lain. Kadang kalau nelayan ditangkap petugas di laut, keluarga di rumah yang memberi makan siapa?" kata Heri Laksono, Sabtu 18 Mei 2024.

Menurut Heri, persoalan nelayan lainnya terkait sulitnya mendapatkan BBM, harga hasil tangkapan laut yang tidak stabil, serta fasilitas sarana dan prasarana pelabuhan yang tidak memadai. 

"Saya pernah menawarkan kepada para nelayan untuk membuat pelabuhan modern dengan dana pribadi karena sungai dangkal dan penuh dengan kapal. Tapi belum deal untuk lahannya," ungkap dia. 

Untuk meningkatkan kompetensi para pekerja migran, Heri juga membuka Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bahasa Korea, untuk bisa disalurkan ke negara tujuan baik di sektor kelautan, perusahaan swasta, dan lainnya. 

 "Karena kesulitan-kesulitan nelayan itulah masyarakat mendorong saya untuk mengikuti kontestasi Pilkada Brebes, sebagai bakal calon wakil bupati," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut