get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Polisi Edukasi Berlalulintas Siswa SMPN 1 Brebes

Harga Bawang Merah di Brebes Terjun Bebas, ABMI : Pemerintah Tidak Hadir

Rabu, 18 Oktober 2023 | 16:48 WIB
header img
ABMI mempertanyakan peran pemerintah disaat harga bawang merah terjun bebas. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) mempertanyakan peran pemrintah disaat harga bawang merah di tingkat petani terjun bebas hingga Rp. 7000/kg. Pasalnya, keterpurukan harga bawang merah tersebut sudah berlangsung mulai beberapa bula lalu.

Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) juga mendesak pemerintah untuk segera mengambil langkah agar harga bawang merah stabil. Apalagi, anjloknya harga tersebut dikarenakan stok yang melimpah.

"Saat harga bawang sedang mahal ABMI diminta ikut operasi pasar, pada saat ini, ABMI seolah olah tidak turun, malah pemerintah tidak hadir. Kita akan melakukan audiensi dengan komisi lV DPR RI, BEP yang untuk saat musim kemarau 15 ribu, kita sudah jauh dibawah BEP," ujar Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Dian Alex Chandra saat press rilis bersama media di salah satu gudang bawang miliknya.

Alex menyatakan, jika situasi harga jual bawang merah yang terus terjun bebas bukan tidak mungkin para petani berhenti menanam bawang merah.

"Kalau teru menerus seperti ini bukan tidak mungkin geliat petani berkurang, malah repot lagi tidak ada petani yang tanam. Apa kita jadi importir lagi? Kitakan sudah swasembada bawang," ungkapnya.

Alex membeberkan, jika anjloknya harga bawang merah di tingkat petani, sebenarnya sudah dirasakan sejak 4 bulan lalu, tepatnya di bulan Juli dengan harga di bawah Rp 20.000/ kg.

Keterpurukan harga tersebut faktor utamannya karena over produksi. Bahkan, untuk produksi bawang merah dari petani di Brebes saat ini sudah mencapai 300.000 ton lebih.

Melimpahnya produksi tersebut, tidak diimbangi dengan tingkat penyerapan. Dampaknya, harga di tingkat petani jatuh.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut