get app
inews
Aa Read Next : Horor! Pria Diganggu Makhluk Halus Malah Ajak Komunikasi

Mengenal Mitos tidak Bisa Tidur di Malam Hari

Jum'at, 16 Desember 2022 | 19:40 WIB
header img
Mengenal mitos tidak bisa tidur di malam hari. (Foto: Healthline)

4. Obat tidur aman dikonsumsi dan tidak berbahaya

Obat tidur memang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari, tetapi obat ini hanya bisa digunakan di bawah pengawasan dokter. Penggunaan obat tidur juga umumnya hanya untuk pengobatan insomnia dalam jangka pendek.

Jika digunakan secara tidak tepat, obat tidur berisiko menyebabkan kecanduan atau ketergantungan. Selain itu, obat tidur juga dapat menimbulkan berbagai efek samping, mulai dari diare, sakit kepala, mulut dan tenggorokan kering, nyeri ulu hati, dada terasa perih, hingga penurunan daya ingat.

3. Jam tidur yang terlewat dapat diganti di kemudian waktu

Banyak orang yang sering memotong jam tidurnya saat hari kerja dengan alasan sibuk. Sebagai gantinya, mereka akan menebus jam tidur yang terlewatkan dengan tidur berlebihan di akhir pekan.

Padahal, kebiasaan ini justru bisa membuat jadwal tidur alami tubuh menjadi terganggu, sehingga insomnia akan semakin parah.

2. Tubuh dapat terbiasa dengan jam tidur yang sedikit

Mitos insomnia ini tidaklah benar dan malah sebaliknya. Kebiasaan kurang tidur justru tidak baik bagi kesehatan tubuh karena dapat membuat tubuh kelelahan.

Dalam jangka panjang, kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, misalnya gangguan koordinasi tubuh dan masalah psikologis, seperti suasana hati mudah berubah, rasa cemas berlebih, depresi, halusinasi, dan paranoid.

1. Tidur lebih cepat bila menonton tayangan di televisi

Siklus tidur dan bangun diatur oleh hormon melatonin yang diproduksi di otak. Berkat adanya hormon ini, Anda dapat mengantuk pada malam hari dan terbangun esoknya di pagi hari.

Ada mitos insomnia yang menyebutkan bahwa menonton tayangan di televisi, laptop, atau smartphone dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur sehingga bisa mengatasi insomnia. Padahal, hal ini tidaklah benar.

Nah, itulah mitos tidak bisa tidur di malam hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengerahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut