get app
inews
Aa Read Next : Turunkan Stunting, Pemkab Brebes Gandeng Grand Dian Hotel

Keren! 14.000 Ceting Menu Cegah Stunting di Jateng Pecahkan Rekor Muri

Senin, 28 November 2022 | 22:18 WIB
header img
14 perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah dan DIY di bawah koordinator Universitas Alma Ata Yogyakarta melakukan kegiatan pendampingan percepatan penurunan stunting di Jawa Tengah. Foto: Istimewa.

BREBES, iNewsBrebes.id - 14 perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah dan DIY di bawah koordinator Universitas Alma Ata Yogyakarta melakukan kegiatan pendampingan percepatan penurunan stunting di Jawa Tengah melalui Program Gong Ceting atau Gotong Royong Cegah Stunting.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Gong Ceting adalah edukasi langsung kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan penyusunan menu gizi seimbang di 140 desa yang menjadi lokus stunting pada 14 kabupaten/kota prioritas di Jawa Tengah. Pendampingan ke-14 perguruan tinggi itu berjalan satu bulan lebih melalui kegiatan pengabdian masyarakat berupa Praktek Kerja Lapangan maupun Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). 

Pelaksanaan kegiatan pendampingan di Kabupaten Brebes dilaksanakan oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan menerjunkan sebanyak 99 mahasiswa Prodi Gizi yang tersebar di 10 desa dari 4 kecamatan. Antara lain Kecamatan Brebes (Desa Pulosari, Padsugih, Pemaron), Kecamatan Bulakamba (Desa Cimohong dan Dukuh Lo), Kecamatan Losari (Desa Kecipir dan Prapag Kidul), Kecamatan Kersana (Desa Jagapura, Limbangan, Sutamaja). 

Puncak dari keseluruhan kegiatan pendampingan oleh 14 perguruan tinggi tersebut adalah pencatatan rekor MURI berupa penyajian 14.000 ceting berisi makanan yang merupakan menu cegah stunting Program Gong Ceting hasil edukasi kepada masyarakat yang telah dilakukan mahasiswa selama kegiatan pengabdian masyarakat.

Dalam pencatatan rekor MURI tersebut, setiap desa yang diwakili 20 warga hasil binaan mahasiswa yang melakukan KKN/PKL, menyiapkan 100 ceting yang berisi sajian menu bergizi seimbang cegah stunting dengan jumlah total sebanyak 14.000 ceting yang dilaksanakan secara serentak di 140 desa lokus yang ada di Kabupaten Brebes, Magelang, Blora, Kendal, Sragen, Boyolali, Jepara, Pekalongan, Pemalang, Wonosobo, Demak, Klaten, Gobogan dan Kota Tegal.

Pencatatan dan penilaian penyajian 14.000 ceting secara serentak oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) tersebut dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan youtube dengan pusat kegiatan di Kabupaten Magelang. Menyertai kegiatan pencatatan MURI tersebut, di setiap kabupaten/kota diadakan juga Deklarasi Gong Ceting yang ditandai pemukulan gong oleh bupati atau pimpinan daerah lainnya dan penyerahan sertifikat Desa Gong Ceting.

Acara di Kabupaten Brebes, sekaligus juga penarikan kembali sebanyak 99 mahasiswa Prodi Gizi Unnes yang telah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama satu bulan lebih di 10 desa 4 kecamatan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut