get app
inews
Aa Read Next : Ini 5 Fakta Menarik Kampung Janda di Gunungkidul, Ada Janda Kaya dan Suami Tak Kunjung Pulang

5 Kampung Unik di Indonesia yang Mendunia, Dua Diantaranya ada di Yogyakarta

Sabtu, 12 November 2022 | 10:08 WIB
header img
Lima kampung unik di Indonesia yang mendunia, dua Diantaranya ada di Yogyakarta. Foto: Istimewa/Net

3. Kampung Teletubbies, Yogyakarta

Tak hanya kampung Cyber, di Jogja juga ada Kampung Teletubbies yang bangunannya selayaknya rumah kartun anak-anak tersebut. Kampung yang ada di Dusun Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta itu dulunya hancur akibat gempa pada 27 Mei 2006.

Lantaran warga desanya menjadi tunawisma, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) melakukan uji pembuatan rumah dome untuk relokasi warga Ngelepen. Kini, terdapat 71 unit dan sembilan bangunan lainnya untuk keperluan umum seperti MCK, mushola, dan klinik di area seluas dua hektar.

2. Kampung Cyber, Yogyakarta

Kampung cyber sejatinya adalah kampung yang seluruh warganya melek akan teknologi dan memiliki akses berselancar di dunia maya. Kampung yang pernah dikunjungi oleh Mark Zuckerberg ini bermula dengan keinginan membangun jaringan komunikasi antar warga di kampung Patehan, Kraton, Yogyakarta dengan memanfaatkan internet.

Kampung yang digagas oleh Antonius Sasongko sejak 2008 ini kini terus berkembang. Di setiap rumah warganya telah terhubung dengan koneksi internet menggunakan dana iuran bersama.

1. Kampung Inggris, Pare

Mungkin bagi orang yang hendak belajar bahasa Inggris tak asing dengan kampung ini. Kampung yang di desa Pelem dan Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini kerap jadi jujukan para murid maupun mahasiswa di masa libur sekolah.

Tak heran jika di kampung ini banyak kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris. Kampung ini hasil kerja keras Kalend Osen dan sang guru Kiai Yazid yang mahir bahasa asing.

Nah, itulah kampung unik di Indonesia yang mendunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut