11 Manfaat Kedondong, Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Martin Bagya Kertiyasa/Net Brebes
.
Senin, 19 September 2022 | 20:52 WIB
Sebelas manfaat kedondong, ternyata baik untuk Kesehatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBebes.id - Sebelas manfaat kedondong, ternyata baik untuk Kesehatan. Bagi sebagian masyarakat Indonesia tentu sangat familier dengan buah kedondong, buah yang paling asam ini terdapat hampir diseluruh daerah di Indonesia.

Buah kedondong punya rasa yang asam, paling pas dipadukan dengan sambal rujak yang manis dan pedas. Buah kedondong umum ditemukan di berbagai negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara. 

Teksturnya yang keras dengan rasa asam yang khas sering kali dijadikan pelengkap lalapan atau rujak. Tak sekadar memanjakan lidah, buah kedondong ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh Apa saja manfaat kedondong? Berikut seperti dilansir dari KlikDokter.

Manfaat kedondong:

1. Meningkatkan Imunitas

Dalam satu potong buah kedondong mengandung kadar vitamin C sekitar 30 mg. Apabila Anda mengonsumsi setidaknya dua buah potong kedondong, maka kebutuhan harian akan vitamin C Anda dapat terpenuhi.

Dengan terpenuhinya kadar vitamin C, hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kadar vitamin C yang cukup mampu membantu sel-sel pertahanan tubuh dalam menjalankan fungsinya.

2. Baik untuk Kesehatan Organ Reproduksi

Kandungan vitamin A yang tinggi tidak hanya berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Vitamin A dapat membantu dalam pembentukan sel telur serta sel sperma. Jadi, jika Anda ingin kesehatan reproduksi terjaga, konsumsilah buah kedondong secara rutin.

3. Memperlancar Pencernaan

Kedondong mengandung serat sekitar 3.5 sampai 4 gram dalam 1 potong buahnya. Dengan mengonsumsi buah kedondong, hal ini dapat membantu memperlancar pencernaan. Biasanya, mengonsumsi buah kedondong dibarengi juga dengan buah lainnya seperti halnya pada rujak. Tentunya hal ini akan semakin baik dalam memperlancar pencernaan.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kedondong merupakan buah yang mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut memiliki manfaat untuk menetralisir radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan Anda rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kanker, aterosklerosis, katarak, dan lainnya.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Bila produksi kolagen di dalam tubuh baik, kulit pun akan menjadi sehat. Untuk mendapatkan manfaat buah kedondong yang satu ini, barengi juga dengan perawatan kulit dari luar agar lebih maksimal. Misalnya dengan eksfoliasi, penggunaan tabir surya, dan lainnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini