Logo Network
Network

SMPN 1 Brebes Sediakan Sarapan Gratis Tiap Hari Untuk Tukang Becak dan Penyapu Jalan

Nino
.
Sabtu, 17 September 2022 | 19:32 WIB
SMPN 1 Brebes Sediakan Sarapan Gratis Tiap Hari Untuk Tukang Becak dan Penyapu Jalan
SMPN 1 Kabupaten Brebes, setiap pagi menyediakan sarapan pagi nasi bungkus dengan gratis. (Foto: Nino)

"Kami dari sekolah intinya tidak memaksa. Agar tidak memberatkan, satu kelas paling tidak setiap hari menyumbang lima bungkus paket nasi ponggol. Jadi bila setiap kelas berjumlah 35 maka bisa digilir satu siswa dapat jatah satu kali dalam seminggu," ujar pria yang akrab disapa Heri ini.

Lapak nasi ponggol gratis ini buka mulai pukul 06.30 WIB. Rata rata dalam sehari menyediakan 200 sampai 250 bungkus nasi. Jumlah ini tergantung dari bantuan siswa maupun guru.

Kabar bantuan sarapan gratis ini kemudian dengan cepat beredar dari mulut ke mulut. Setiap hari para tukang becak, pengemudi ojol dan penyapu jalan datang ke sekolah ini untuk mengambil nasi untuk sarapan mereka. Bahkan orang yang sedang menunggu keluarga di rumah sakit juga ikut antre mengambil makanan ini. Mereka dipersilakan mengambil sendiri nasi dan air mineral yang tersedia dalam lemari kaca.

Suwarno (38), salah satu tukang becak yang setiap hari mengantar anak sekolah mengatakan, sangat tebantu dengan pembagian nasi bungkus ini. Menurut dia, uang yang seharusnya untuk beli sarapan bisa ditabung.

"Lumayan tidak perlu membeli sarapan," ucap Suwarno singkat.

Kusmiyati (59) warga Losari yang sedang menunggu keluarga di RSUD mengaku dapat kabar ada sarapan gratis dari tukang becak yang mangkal di depan rumah sakit. Kata Kusmiyati, uang yang seharusnya buat beli sarapan bisa dipakai untuk makan siang.

Para penyapu jalan di kawasan kota juga seakan tidak mau ketinggalan. Menurut mereka, tidak perlu pulang untuk dapat makan pagi gratis.

"Kami kan menyapu sejak dinihari. Jadi pas lapar mau sarapan tidak perlu pulang," tandas Sutarno (42), seorang penyapu jalan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.