get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Sisihkan Uang Saku, Siswa SMP Negeri 1 Brebes Bagikan Ratusan Paket Buka Puasa

Kamis, 20 April 2023 | 21:37 WIB
header img
Siswa SMP Negeri 1 Brebes saat berbagi menu paket berbuka puasa. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Sedikitnya 150 bungkus nasi dan takjil untuk berbuka puasa dibagikan kepada warga kurang mampu yang berada di sekitaran perkotaan Brebesk. Puluhan siswa dan dewan guru di SMP Negeri 1 Brebes membagikan menu makanan buka puasa, Rabu petang (19/4). Ratusan bungkus makanan buka puasa ludes dalam sekejap dibagikan kepada tukang becak, tukang ojek, dan warga kurang mampu lainnya. 

Diketahui, ratusan paket buka puasa tersebut dari hasil siswa siwi yang menyisihkan uang sakunya.

Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri mengatakan, bakti sosial tersebut dilaksanakan dengan uang infaq yang setiap minggu dikumpulkan oleh siswa. Uang tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan sosial termasuk pembagian makanan buka puasa. Pembagian makanan terhadap warga kurang mampu ini sebagai pengganti ponggol gratis yang setiap hari dibagikan kepada warga kurang mampu di luar bulan Ramadan. 

"Ini pengganti ponggol gratis yang kami bagikan setiap hari di luar bulan Ramadan depan sekolah. Kali ini kami bagikan 150 menu makanan dan takjil untuk berbuka puasa, nilainya Rp30 ribu," ujarnya.

Dia menjelaskan, pekan lalu pihaknya bersama para siswa membagikan sembako grati kepada warga miskin di Kota Brebes. Bakti sosial ini dilakukan dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri. Mereka memberikan bantuan paket sembako kepada para penarik becak, tukang ojek, petugas kebersihan, pemulung serta warga kurang mampu lainnya.

"Dana infaq siswa yang terkumpul mencapai Rp. 22 juta. Uang itu digunakan untuk bakti sosial dengan membagikan sembako dan makanan buka puasa kepada saudara saudara kita yang kurang mampu," ungkap Dharma Suhaeri.

Ia juga memperjelas sesulit apapun, rasa kemanusiaan harus ditanamkan pada siswa dan anak-anak ini ternyata luar biasa. Pada bulan Ramadan ini, telah terkumpul sedekah mencapai rata-rata lebih dari Rp. 1 juta per hari. Dengan kegiatan ini, menurut Suhaeri, harapan anak anak kelak memiliki rasa kemanusiaan yang luar biasa berbagai dengan warga kurang mampu.

"Anak-anak di sini luar biasa. Bahkan kegiatan ini melibatkan anak-anak pelajar non muslim. Pekan lalu ada 150 paket sembako yang dibagikan setiap satu paket sembako Rp 110 ribu. Hari ini anak-anak akan membagikan nasi box 150 kepada warga kurang mampu," pungkasnya

Wahyu, seorang penarik becak di Brebes mengaku, senang mendapatkan bantuan makanan berbuka puasa gratis. Sebelumnya, ia juga menerima paket sembako dari siswa sekolah di SMP Negeri 1 Brebes yang dibagikan di depan sekolah.

 "Bisa untuk isteri di rumah dan bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, di saat semua kebutuhan harga naik," tandasnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut