get app
inews
Aa Read Next : Tahapan Pilkada 2024 Dimulai, KPU Brebes Buka Pendaftaran Anggota PPK 

Tempe Mendunia jadi Makanan Favorit, 5 Negara Ini Jual dengan Harga Melambung Capai Rp400 Ribu

Minggu, 29 Mei 2022 | 06:28 WIB
header img
Tempe jadi makanan favorit dijual melambung di beberapa negara (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id -  Tempe selain digemari dan populer di kalangan masyarakat Indonesia, tempe memiliki kandungan protein yang tinggi. Tidaklah heran jika makanan berbahan kedelai ini menjadi buruan masyarakat dunia.

Di berbagai negara, tempe juga menjadi makanan populer. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun mendukung tempe agar dikenal oleh dunia.

"Tempe ini akan menjadi bagian gastrodiplomacy, yakni diplomasi berbasis makanan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Lantas, negera mana saja yang menyukai tempe, makanan asli khas Indonesia ini? Berikut di antaranya.

1. Jepang

Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang sangat menyukai tempe. Salah satu YouTuber, Jerome Polin mengenalkan tempe kepada teman-teman kuliahnya yaitu Yusuke, Otsuka, dan Tomo. Jerome menjelaskan, tempe adalah makanan dari kacang kedelai yang difermentasi. Hampir sama dengan natto. Akan tetapi, tempe rasanya jauh lebih lembut dan gurih, dibandingkan natto.

Jika di Indonesia harga tempe masih relatif terjangkau, maka di Jepang, harganya bisa tiga kali lipat. Untuk satu potongan kecil tempe yang seukuran 100 gram, dibanderol dengan harga mencapai 350 Yen atau sebesar Rp45.000. Penjual tempe di Jepang pun relatif langka. Tapi biasanya dijual di supermarket Asia yang juga menjual makanan-makanan Indonesia lain.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut