get app
inews
Aa Read Next : Petani Bawang Merah Deklarasikan Dian Alex Chandra Maju Jadi Bupati Brebes

5 Rekomendasi Makanan Khas Bumiayu sebagai Pengobat Rindu pada Kampung Halaman

Sabtu, 28 Mei 2022 | 20:20 WIB
header img
Kraca makanan khas Bumiayu (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Makanan khas Bumiayu sangat cocok untuk lidah orang Jawa, dan wajib dicoba untuk oleh-oleh para pelacong. 

Berikut rekomendasi makanan khas di Bumiayu yang telah dirangkum oleh tim liputan iNews.id :

1. Sogol 

Makanan yang satu ini merupakan khas dari Bumiayu dan cukup terkenal. Biasanya sogol dijadikan sarapan yang disajikan dengan daun pisang dan bersamaan dengan gorengan dan lontong.

Dulu kuliner ini hanya di jual keliling saja, namun sekarang sudah ada tempat makan yang bisa kamu nikmati dengan nyaman. 

2. Ketan Pencok

Makanan manis berbahan dasar ketan dan gula ini bisa kamu temui hanya di Bumiayu. Kamu juga bisa mendapatkannya di Jalan Pangeran Diponegoro, Dukuhturi, Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Ketan pencok merupakan makanan khas yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bumiayu. Buat kamu yang suka manis dijamin akan menyukai ketan pencok ini. 

3. Dage

Kamu pasti masih sangat asing dengan nama ini. Biasanya dage dijadikan gorengan atau kripik. Bahkan bisa juga di jadikan lauk.

Dage dibuat dengan berbahan dasar ampas, bisa dari ampas kacang tanah dan juga ampas tahu. Tetapi dage lebih sering di temukan menjadi gorengan atau keripik. 

Kamu dapat lebih mudah menemukan gorengan dage ini di para penjual gorengan pinggir jalan dan kripik gorengan di toko jajanan. Jika kamu mencari bahan mentah dage, kamu juga bisa menemukan di pasar. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut