get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Polisi Edukasi Berlalulintas Siswa SMPN 1 Brebes

KPU Brebes Tentukan Gudang Bulog untuk Penyimpanan Logistik Pemilu 2024

Selasa, 24 Oktober 2023 | 12:52 WIB
header img
KPU Brebes Tentukan Gudang Bulog untuk Penyimpanan Logistik Pemilu 2024. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah telah menyiapkan gudang penyimpanan barang logistik yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

KPU Brebes telah menentukan gudang logistik untuk pemilu nanti, bertempat di gudang Bulog Cimohong, yang berada di Jalan Pantura Cimohong, Kecamatan Bulakamba. Rencananya, dropping logistik pilpres dan pileg untuk KPU Brebes akan tiba dalam pekan ini.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, M. Riza Pahlevi mengatakan, pihaknya akan menerima dropping sebanyak 31.455 bilik dan 25.164 kotak suara.

Hal ini dikatakan Riza disela Rapat Koordinasi Persiapan Pengelolaan Logistik Dengan Stakeholder dalam Pemilu 2024 di Dedy Jaya Hotel, Senin (23/10/23) siang. Rencananya, jadwal dropping logistik pilpres dan pileg untuk KPU Brebes akan tiba dalam pekan ini.

Riza menambahkan, rakor persiapan logistik Pilpres dan Pileg menjadi hal yang sangat penting. Terlebih, saat ini kendala pendistribusian akan menghadapi musim hujan. Sehingga, penyiapan gudang Bulog Cimohong akan digunakan sebagai gudang utama penyimpanan logistik KPU.

"Untuk jatah dropping awal, KPU Brebes akan menerima 31.455 bilik suara dan 25.164 kotak suara sesuai jumlah TPS. Berbahan duplek, sama seperti Pemilu 2019 lalu,” katanya.

Terkait mekanisme pendistribusian logistik, lanjut Riza, semuanya masih menunggu jadwal dan tahapan selanjutnya. Namun, pihaknya mengaku sudah menggelar koordinasi dengan instansi dan semua stakeholder terkait. Khususnya, terkait pengamanan dan penyaluran logistik hingga TPS dengan melibatkan PPK dan PPS. Sehingga, pendistribusian logistik pemilu bisa tepat waktu, tepat jumlah dan efektif.

Kalkulasi sementara, jumlah TPS sebanyak 6.291 titik dengan jatah dropping 4 bilik suara per TPS. Sedangkan, 5 kotak suara per TPS yang semuanya akan disimpan di Gudang Utama Bulog Cimohong,” jelas Riza.

Muamar Riza Pahlevi menuturkan, terkait mekanisme pendistribusian logistik pemilu. Sepenuhnya menjadi tanggung jawab kontraktor supplier, sehingga KPU sifatnya hanya penerima. Namun, pihaknya juga memastikan menyiapkan gudang tambahan untuk penampung pendistribusian logistik.

Selain gudang utama Bulog Cimohong, sebanyak 14 gudang di tiap kecamatan sudah kami siapkan. Kuncinya, bebas dari banjir, hama dan aman dari gangguan yang berpotensi merusak logistik pemilu,” pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut