get app
inews
Aa
Read Next : Petani Bawang Merah Deklarasikan Dian Alex Chandra Maju Jadi Bupati Brebes

Anggota DPR RI Agung Widyantoro Ingatkan dari Desa hingga OPD di Brebes Tertib Administrasi 

Rabu, 30 Agustus 2023 | 22:07 WIB
header img
Anggota DPR RI Agung Widyantoro Ingatkan dari Desa hingga OPD di Brebes Tertib Administrasi. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Anggota komisi II DPR RI Agung Widyantoro mengingatkan ratusan kades hingga Organisasi Perangkat Daerah untuk tertib adiministrasi. Hal itu ia sampaikan usai menjadi narasumber pada launcing Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Brebes, Rabu (30/8/2023) yang digelar oleh Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Agung menyebut, jika sejumlah persoalan dalam proses penggunaan aplikasi SRIKANDI. Diantaranya, mencari solusi dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi, mengaktualisasikan solusi dan mendorong teman - teman OPD dan Pemerintahan Desa untuk menerapkan aplikasi SRIKANDI. 

"Aplikasi SRIKANDI ini untuk menjalankan operasionalisasi, pemeliharaan, dan pengembangan dalam penyusunan hingga pemberkasan arsip. Sehingga penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan aplikasi ini di lingkungan Pemkab hingga Pemerintahan Desa agar tertib administrasi," ujarnya.

Disisi lain, Pemerintah punya kebijakan untuk bagaimana menata persoalan kearsipan mulai dari tingkat pusat, Kabupaten/Kota sampai dengan di pemerintahan desa.

"Karena pemerintah dalam hal arsip sebelumnya tidak terdokumentasi dengan baik. Maka dengan mekanisme tertib administrasi kemudian menyatukan catatan-catatan sejarah kita dari desa, kemudian kita tata semuanya melalui aplikasi SRIKANDI ini," ungkapnya. 

Sementara itu, PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin menyatakan, pihaknya akan mengoptimalkan aplikasi SRIKANDI dalam penataan arsip di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Brebes. 

"Kita memang sudah melakukan penerapan aplikasi SRIKANDI dalam pengelolaan Arsip. Kita akan terus optimalkan dan kembangkan, sehingga semua tersimpan dalam aplikasi digital itu," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut