get app
inews
Aa Read Next : Heri Laksono, Pengusaha Muda dari Desa Nelayan di Brebes Daftar Calon Wakil Bupati 

Ini 8 Penyebab Telat Haid 1 Bulan, Bisa Jadi Karen Sters

Senin, 05 Desember 2022 | 14:12 WIB
header img
Ini delapan penyebab telat haid 1 bulan, bisa jadi karena sters. Foto: Ilustrasi/Istimewa.

6. Rokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi dan salah satunya adalah haid terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus haid.

5. Hamil

Ketika seorang wanita hamil, haid tidak akan terjadi. Karena itu, jika aktif secara seksual dan tidak memakai kontrasepsi, hamil merupakan hal pertama yang patut dicurigai apabila terlambat haid.

Untuk mengonfirmasi, lakukanlah tes kehamilan dengan test pack. Kamu juga perlu berkonsultasi kepada dokter 

4. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab telat haid yang paling sering dialami wanita.

Ketika stres, tubuh Anda akan memproduksi hormon kortisol. Produksi hormon kortisol yang berlebihan dapat mempengaruhi hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur menstruasi.

Hal tersebut dapat menyebabkan siklus haid Anda jadi lebih awal, telat, tidak sama sekali, atau bahkan lebih menyakitkan.

kandungan untuk hasil yang lebih akurat.

3. Hormon prolaktin berlebih

Hormon prolaktin yang tidak normal atau berlebih bisa membuat haid terlambat. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, tetapi juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, hipotiroid, dan tumor kelenjar pituitari di otak.

2. Gangguan Tiroid

Penyebab telat haid 1 bulan selanjutnya adalah tiroid. Gangguan tiroid hipotiroid atau hipertiroid, bisa mempengaruhi siklus haid Anda.

Gangguan tiroid ditandai dengan gejala berupa rasa lelah, berat badan cepat berubah, rambut rontok, dan sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

Gangguan tiroid umumnya bisa dikontrol dengan obat-obatan sehingga siklus haid dapat lancar kembali. Tapi, jika tidak ditangani dengan baik, gangguan tiroid dapat memberikan berbagai komplikasi, salah satunya gangguan kesuburan.

1. Pil KB

Penyebab telat haid 1 bulan yang pertama karena pil KB. Anda perlu berhenti mengkonsumsi pil KB selama enam bulan agar siklus haid kembali normal. Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang dapat mencegah pelepasan sel telur.

Nah, itulah delapan penyebab telat haid 1 bulan, bisa jadi karena sters. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut