get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Ini 8 Penyebab Telat Haid 1 Bulan, Bisa Jadi Karen Sters

Senin, 05 Desember 2022 | 14:12 WIB
header img
Ini delapan penyebab telat haid 1 bulan, bisa jadi karena sters. Foto: Ilustrasi/Istimewa.

Jakarta, iNewsBrebes.id Ini delapan penyebab telat haid 1 bulan, bisa jadi karena sters. Apa saja penyebab telat haid, kaum hawa pasti bertanya-taya untuk itu penyebab haid telat akan dibahas dalam artkel ini.

Haid biasa dialami wanita setiap satu bulan sekali. Haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.

Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan sejak menstruasi pertama sampai menopause.

Lantas apa saja penyebab telat haid 1 bulan?. Dikutip dari Celebrities.id, Senia (5/12/2022) berikut penyebab telat haid 1 bulan:

Penyebab telat haid 1 bulan:

8. Obesitas

Kondisi obesitas bisa menjadi penyebab telat haid 1 bulan. Sebab, ketika wanita mengalami penambahan berat badan berlebih maka akan memicu gangguan hormonal atau tubuh memproduksi estrogen lebih banyak.

Akibatnya, dapat menghambat ovulasi atau pelepasan sel telur dan menebalkan lapisan endometrium sehingga darah haid menjadi banyak dan tidak teratur.

Obesitas yang tidak ditangani bisa menjadi sumber masalah kesehatan lainnya. Tak hanya haid yang sering terlambat, kamu juga dapat berisiko tinggi untuk mengalami diabetes dan tekanan darah tinggi.

7. Aktivitas berat

Aktivitas fisik yang berat juga bisa mengacaukan siklus haid dan membuat Anda mengalami telat haid.

Kondisi ini dapat memengaruhi produksi hormon estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan hormon ini pada akhirnya menyebabkan haid Anda terlambat.

Di samping itu, kehilangan banyak lemak tubuh terlalu cepat akibat berolahraga yang intens juga dapat mengacaukan proses ovulasi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut