get app
inews
Aa Read Next : Tahapan Pilkada 2024 Dimulai, KPU Brebes Buka Pendaftaran Anggota PPK 

4 Peninggalan Sejarah Hindu Buddha di Indonesia, dari Candi Hingga Prasasti

Jum'at, 02 Desember 2022 | 22:21 WIB
header img
Empat peninggalan sejarah hindu buddha di Indonesia, dari Candi hingga prasasti. Foto: Istimewa.

3. Patung Arca

Peninggalan ketiga sejarah Hindu dan Buddha ialah sebuah arca atau patung. Memang bisa dibilang arca yang tersebar di Indonesia ini merupakan bukti kuat sejarah hadir dan meluasnya agama Hindu dan Buddha. Beberapa arca yang terdapat di Indonesia, diantarnaya Arca Kertarajasa Jayawardhana,  Arca Airlangga dari kerajaan Mataram Kuno dll.

2. Kitab

Barang peninggalan sejarah Hindu Buddha yang kedua adalah kitab. Ini menjadi sesuatu yang sangat penting dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sebab kitab merupakan bukti temuan paling kuat adanya penyebaran Hindu Buddha di Nusantara.

Beberapa peninggalan kitab yang ada di Indonesia, diantaranya kitab Arjunawijaya (Mpu Tantular), Smaradhahana (Mpu Darmaja), Pararaton (riwayat deretan raja Singosari dan Majapahit), Bratayudha (Mpu Panuluh dan Mpu Seda

1. Candi

alah satu peninggalan sejarah Hindu Buddha yang paling populer di Indonesia adalah bangunan unik bernama Candi. Bangunan yang terbuat dari batu ini menjadi bukti sejarah adanya peradaban raja-raja dan masuknya teori Hindu dan Buddha ke Nusantara. Beberapa peninggalan candi terpopuler di Indonesia yakni Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Gedung Songo, Candi Muara Takus  dan candi lainnya.


Nah, itulah peninggalan sejarah hindu buddha di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut