get app
inews
Aa Read Next : Diduga Keracunan Gegara Makan Nasi Kotak, Puluhan Warga Kubangjati Brebes Dievakuasi ke Rumah Sakit 

Fakta Menarik Mojokerto, Pusat Pemerintahan Majapahit yang Masuk Kawasan Metropolitan Surabaya

Sabtu, 19 November 2022 | 23:51 WIB
header img
Fakta menarik Mojokerto, pusat pemerintahan Majapahit yang masuk kawasan Metropolitan Surabaya. Foto: Istimewa.

Fakta menarik Mojokerto:

3. Pusat Kerajaan Majapahit

Mojekerto banyak menyimpan sejarah-sejarah kerajaan. Termasuk, Majapahit. Hal ini dikarenakan adanya patung Buddha tidur yang terletak di kompleks Maha Vihara Majapahit.

Patung ini menjadi ikonik Mojokerto serta memiliki ukuranraksasa dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter.

Ukurannya yang begitu besar membuat patung Buddha tidur dinobatkan sebagai patung Buddha terbesar di Indonesia, bahkan disebut-sebut patung Buddha tidur menjadi yang terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Myanmar.

Posisi patung yang tidur tersebut menggambarkan sosok Siddharta Gautama atau sang Buddha Gautama ketika wafat.

2. Kota Kecil

Kota Mojekerto menjadi wilayah di Jawa Timur paling kecil. Sebab, luas dari Kota Mojokerto hanya sebesar 16,47 km persegi. Ini lantas membuatnya menjadi kota terkecil di Indonesia. Bahkan, ukurannya delapan kali lebih kecil dari Jakarta Selatan dan hanya 10 persen dari luas wilayah Kota Bandung.

1. Dijuluki Kota Onde-Onde

Kuliner di beberapa wilayah di Mojekerto membuatnya mendapatkan nama julukan. Salah satunya Onde-Onde, kudapan ini dikenal sebagai makanan khas dari Mojekerto.

Bahkan, ada toko khusus menjual l camilan berisi gula merah tersebut. Toko Bo Liem ini sudah berdiri sejak tahun 1929. Kehadiran toko ini membuatnya dijuluki sebagai kota onde-onde.

Nah, itulah fakta menarik Mojokerto, daerah yang dulunya merupakan pusat kerajaan Majapahit. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut