get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hardiknas 2024, Ratusan Pelajar TK SD Ikuti Lomba Mewarnai di Grand Dian Hotel Brebes

Fakta Menarik Mojokerto, Pusat Pemerintahan Majapahit yang Masuk Kawasan Metropolitan Surabaya

Sabtu, 19 November 2022 | 23:51 WIB
header img
Fakta menarik Mojokerto, pusat pemerintahan Majapahit yang masuk kawasan Metropolitan Surabaya. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebes.id Fakta menarik Mojokerto, pusat pemerintahan Majapahit yang masuk kawasan Metropolitan Surabaya. Mojokerto terletak 50 km barat daya Kota Surabaya. Kota Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. 

Menurut sumber sejarah, Mojokerto merupakan tempat pertama yang disinggahi oleh Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, sewaktu melakukan perjalanan menuju Lumajang. Sebelum Raden Wijaya menginjakkan kaki di Mojokerto, daerah ini berbentuk padukuhan kecil, yang kemudian berkembang menjadi ibu kota Kerajaan Majapahit.

Bahkan menurut Ketua PPMKI Pengprov Jatim Hiapy Suryakusuma menyampaikan Mojokerto merupakan kota kerajaan yang terkenal dengan Bumi Mojopahit, selain menarik karena banyak situs sejarah juga merupakan tempat Bung Karno menuntut ilmu semasa kecil.

Konon, nama Mojokerto berasal dari dua kata, yaitu "mojo", yang merupakan nama pohon Maja yang banyak tumbuh di salah satu desa di sana, dan "kerto", yang berasal dari kata kerta raharja, yang artinya tenteram.

Lantas apa saja fakta menarik tentang Mojokerto? akan dibahas pada artikel ini. Dikutip dari Okezone.com, Sabtu (19/11/2022) berikut fakta menarik Mojokerto.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut