get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Anggota PPK di Brebes Diambil Sumpah dan Dilantik untuk Pilkada 2024

7 Sungai Terpendek di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia

Sabtu, 19 November 2022 | 09:01 WIB
header img
Tujuh sungai terpendek di dunia, salah satunya ada di Indonesia. (Foto: iNews.id)

5. Sungai Jezernica, Slovenia

Sungai paling pendek di dunia adalah Sungai Jezernica yang ada di Slovenia. Aliran Sungai Jezernica berasal dari sebuah danau liar yang merupakan sumber mata air karst. Memiliki panjang 55 meter membuat Jezernica menjadi sungai terpendek kelima di dunia.

4. Sungai Ombla, Kroasia

Panjang Sungai Ombla yang ada di Kroasia mencapai 30 meter dengan debit air 23,9 meter per kubik. Sungai Ombla sendiri mengalir dan bermuara ke teluk Rijeka Dubrovačka di laut Adriatic.

3. Sungai Kovasselva, Norwegia

Selanjutnya ada Sungai Kovasselva sebagai sungai terpendek di dunia. Panjang sungai ini hanya mencapai 22 meter saja. Sungai Kovasselva yang terletak di Hitra mengalir dari danau Kovassavatnet menuju ke laut.

2. Tamborasi River, Indonesia

Sungai terpendek di dunia juga ada di Indonesia tepatnya di Sulawesi Tenggara. Panjang dari Sungai Tamborasi hanya mencapai 20 meter dengan lebar 15 meter saja. Aliran sungai mengalir dan bermuara ke Laut Flores.

1. Sungai Reprua, Georgia

Sungai Reprua yang ada di Georgia memegang peringkat satu sebagian sungai terpendek di dunia. Sungai yang memiliki panjang 18 meter ini mengalir dari mata air Gua Krubera dan bermuara di Laut Hitam.

Nah, itulah sungai terpendek di dunia. Salah satunya ada di Indonesia yakni sungai Tamborasi River yang berada di Sulawesi Tenggara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut