get app
inews
Aa Read Next : May Day, Ratusan Buruh Ngadu ke PJ Bupati Brebes, Ini Tuntutan Mereka

Ratu Jay Shima Sosok Pemimpin yang Taat Agama, Ratusan Candi di Dieng Jadi Bukti

Kamis, 17 November 2022 | 08:44 WIB
header img
Ratu Jay Shima merupakan sosok pemimpin yang taat dengan agama, ratusan candi yang ada di Dieng Jadi Bukti. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebes.idRatu Jay Shima merupakan sosok pemimpin yang taat dengan agama, ratusan candi yang ada di Dieng Jadi Bukti. Siapa sosok Ratu Jay Shima yang katanya taat sama agama itu, akan dibahas pada artikel ini.

Agama menjadi perhatian khusus bagi Ratu Jay Shima yang memimpin Kerajaan Kalingga. Sang Ratu Kalingga ini begitu menjaga dinamika keseimbangan antara agama dan perpolitikan.

Di masa Ratu Jay Shima agama menjadi hal utama untuk menjaga moral masyarakatnya. Ada dua agama yang dianut sebagian besar masyarakatnya, yakni Hindu Siwa dan Buddha.

Hidup rukunnya kedua agama di masa Ratu Jay Shima menjadikan sang ratu dikenal dengan sebutan Di Yang, yang artinya tempat bertemunya agama Hindu dan Buddha. Tak ayal rakyatnya begitu menghormati sosok sang ratu ini.

Dikutip dari buku "Perempuan - Perempuan Tangguh Penguasa Tanah Jawa" tulisan Krishna Bayu Adji dan Sri Wintala Achmad, sang ratu memerintahkan pembangunan ratusan candi di wilayah Adi Hyang yang kini Dieng, berada di Jawa Tengah. Konon ada sekitar 400 buah candi dikerjakan dan dibangun di wilayah bekas pusat pemerintahan suaminya Kartikeyasingha.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut