get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Paling Serem di Pulau Jawa, Bisa Jadi Tempat Uji Nyali

Mengerikan! Ini Mitos Gunung di Jawa Jika Meletus, dari Terbelahnya Pulau hingga Jadi Berkah

Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:58 WIB
header img
Mengerikan, ini mitos gunung di pulau jawa jika meletus, dari terbelahnya pulau hingga jadi berkah. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.Brebes.id -  Mengerikan, ini mitos gunung di pulau jawa jika meletus, dari terbelahnya pulau hingga jadi berkah. Banyak mitos yang berkembang ditengah masyarakat terkait beberapa hal yang terjadi dalam kehidupan ini terutama dengan meletusnya gunung.

Mitos adalah sebuah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu sendiri yang mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.

Mitos merupakan prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh mereka yang memiliki cerita. Kejadian atau cerita yang kebenarannya masih diragukan. Kekuatan mitos hanya mengandalkan saksi dari orang ketiga yang belum pernah mengalami kejadian tersebut. Berbeda halnya dengan ilmu.

Lantas apa saja mitos yang terjadi kalau gunung-gunung di jawa meletus. Dikutip dari Okezone.com, Selasa (25/10/2022) berikut mitos gunung di jawa jika meletus.

Mitos gunung di pulau jawa

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru baru saja erupsi pada 4 Desember 2021. Akibatnya, puluhan orang tewas, puluhan orang lainnya hilang, dan ribuan orang mengungsi.

Gunung Semeru juga tak lepas dari beberapa mitos. Semeru dikenal dengan sebutan ‘Paku Jawa’ pemberian para dewa. Tujuannya, agar Pulau Jawa tidak lagi terombang-ambing di tengah lautan. 

Dalam Kitab Panggelaran, disebutkan bahwa Semeru dibawa oleh Dewa Wisnu dan Dewa Brahma. 

Setelah erupsi ini, banyak pihak yang kemudian menghubungkannya dengan pandangan Jayabaya yang mengatakan, akan datang satu masa penuh bencana, mulai dari gunung-gunung akan meletus.

Secara lengkap ia meramalkan: “Banyak kejadian dan peristiwa alam maupun dalam kehidupan masyarakat manusia yang luar biasa. Musim penghujan tidak teratur dan sering datang dengan curah hujan tinggi, hingga tidak ada curah hujan sama sekali. Gempa bumi sering terjadi dan menelan banyak korban jiwa manusia, ternak, dan harta benda, demikian juga sering terjadi fenomena alam misterius yakni terjadinya gerhana bulan, dan gerhana matahari”. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut