get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

10 Minuman Khas dari Jawa Tengah yang Masih Ada sampai Saat ini

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:30 WIB
header img
Sepuluh minuman khas dari Jawa Tengah yang masih ada sampai saat ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBrebes.id Sepuluh minuman khas dari Jawa Tengah yang masih ada sampai saat ini. Penasaran dengan minuman khas Jawa Tengah yang masih ada sampai saat ini?, di artikel ini akan dibahas minuman khas Jawa Tengah yang masih ada sampai saat ini.

Selain kaya akan makanan berat dan jajanan, Jawa Tengah juga punya sejumlah minuman khas. Hal ini tentu kabar baik untukmu yang hendak melepas dahaga di provinsi ibukota Semarang tersebut. 

Dari sejumlah minuman yang merupakan khas Jawa Tengah ini, ada beberapa minuman yang cocok untuk kesehatan tubuh karena terbuat dari rempah-rempah pilihan. Selain baik untuk kesehatan, minuman yang berasal dari rempah-rempah ini juga segar sekali dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Lantas minuman apa saja yang merupakan khas dari Jawa Tengah. Dilansir dari iNews.id, Sabtu (22/10/2022) berikut ini minuman khas dari Jawa Tengah yang masih ada sampai saat ini.

Minuman khas Jawa Tengah:

1. Wedang Kacang  

Ciri khas minuman segar di daerah Jawa Tengah, wedang kacang adalah minuman khas dari Magelang. Minuman ini bisa membuat tubuh menjadi segar. wedang kacang berisi kuah jahe, kacang, dan ketan.

2. Es Gempol  

Gempol merupakan adonan dari tepung beras yang dibentuk, diwarnai, dan dikukus. Es gempol merupakan minuman yang mudah dijumpai di Kota Solo dan Kabupaten Jepara. Minuman ini berisi gempol atau pleret, santan, dan gula cair. Cara penyajiannya dengan meletakkan gempol ke dalam mangkok dan disiram santan, gula, dan bisa ditambah es.

3. Adon-adon Coro  

Minuman adon-adon coro merupakan jamu tradisional khas dari Kabupaten Jepara. Minuman terbuat dari pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas yang disiram dengan santan, jahe, gula merah, dan air. Minuman rasanya pedas dan hangat karena berbahan utama dari jahe. Cara penyajiannya, satu sendok jamu ditaruh di dalam mangkok. Setelah itu, disiram dengan wedang jahe dan diminum selagi masih panas atau hangat.  

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut