Cara Unik Petani di Brebes, Basmi Hama Tikus Dengan Anjing Pemburu

Petra Akbar
.
Sabtu, 24 September 2022 | 15:40 WIB
Bersama anggota TNI, para petani di Kabupaten Brebes, menggunakan anjing pemburu untuk membasmi hama tikus. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNewsBrebes.id Bersama anggota TNI, para petani di Desa Rengasbandung, Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, menggunakan anjing pemburu untuk membasmi hama tikus.

Babinsa Rengasbandung Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes Serma Wahyu Widiyarto mengatakan, bahwa saat ini hama tikus menjadi momok para petani di desa binaannya itu.

“Gerdal tikus atau gerakan pengendalian hama tikus ini sebagai upaya ketahanan pangan di Desa Rengasbandung karena banyak petani palawija yang turun drastis, bahkan gagal panen karena hama ini,” ujarnya, Sabtu (24/09/2022).

Anjing pemburu beserta pemiliknya, lanjut Serma Wahyu, khusus didatangkan dari Desa Kecepit, Kecamatan/Kabupaten Pemalang. Untuk biaya sewa per hari sebesar Rp. 200 ribu untuk masing-masing pemilik anjing.

Sementara Kepala Desa Rengasbandung Wuryanto mengungkapkan, bahwa yang bisa dilakukan para petani adalah menekan hama, karena untuk membasmi tikus yang populasinya sangat cepat atau mudah beranak pinak, memang sangat sulit.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini