Kapan Rabo Wekasan 2022 Jatuh? ini Jadwal, Makna dan Amalannya

Kastolani
.
Senin, 19 September 2022 | 21:58 WIB
Kapan Rabo Wekasan 2022 jatuh? ini jadwal, makna dan amalannya. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsBrebes.id -  Kapan Rabo Wekasan 2022 jatuh? ini jadwal, makna dan amalannya. Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Sapar pada Kalender Jawa.

Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan adalah Rabu terakhir di bulan Safar. Saat ini, umat Islam sudah memasuki akhir Bulan Safar, bulan kedua hijriah setelah Muharram. Shafar atau Safar satu suku kata dengan kata Shifr [صفر [yang berarti kosong. 

Bulan ini dinamakan safar atau shifr, karena pada bulan ini bangsa Arab mengosongkan rumah-rumah mereka yang beralih ke medan perang. Tahun ini, Rabu Wekasan jatuh pada Hari Rabu, 21 September 2022.  Sebagian masyarakat Nusantara, khusunya di Jawa, melakukan ritual khusus di Rebo Wekasan untuk menolak bala' atau musibah yang dipercaya turun di hari itu.

Di kalangan masyarakat Jawa, Bulan Safar atau Sapar kerap dihubungkan dengan mitos bulan sial dan banyak bencana. Pada masa Arab Jahiliyah, bulan Safar juga disebut bulan sial.  

Dilansir dari Jurnal Theologia IAIN Kudus, masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta, memandang Rebo Wekasan sebagai hari yang dikeramatkan karena dianggap hari tersebut penuh kesialan. 

Sebagai salah satu tradisi lokal, ada perbedaan penyebutan tradisi Rebo Wekasan ini. Sebagian menyebutnya sebagai Rebo Pungkasan dan ada pula yang menyebut Rebo Kasan.  Akan tetapi, penyebutan yang berbeda-beda ini tetap menunjuk pada maksud yang sama yaitu Rabu terakhir dalam bulan Ṣafar dalam penanggalan Hijriyah.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini