Logo Network
Network

Kenali Ciri-Ciri Cacar Monyet dan Pencegahannya

Diana Rafikasari/Net Brebes
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:25 WIB
Kenali Ciri-Ciri Cacar Monyet dan Pencegahannya
Kenali ciri-ciri cacar monyet dan pencegahan. (Foto: Sun Live)

JAKARTA, iNews.id - Kenali ciri-ciri cacar monyet dan pencegahan. Ciri-ciri cacar monyet harus diwaspadai. 

Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox. Virus cacar monyet biasanya menyerang hewan pengerat, seperti tikus atau mencit, dan primata bukan manusia, seperti monyet. 

Tapi itu bisa terjadi pada orang. Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (24/8/2022) cacar monyet biasanya terjadi di Afrika Tengah dan Barat. Kasus di luar Afrika sering disebabkan oleh perjalanan luar negeri, hewan impor, kontak dekat dengan hewan atau orang yang terkena cacar monyet. 

Cacar monyet menyebar melalui kontak dekat dengan hewan atau orang yang terinfeksi. Penyakit ini juga bisa menyebar ketika seseorang memegang bahan seperti selimut yang pernah bersentuhan dengan penderita cacar monyet.

Virus cacar monyet menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan ruam, koreng atau cairan tubuh penderita cacar monyet. Kontak dekat yang diperpanjang (lebih dari empat jam) dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi. Ini termasuk kontak seksual.

Pakaian, seprai, selimut atau bahan lain yang pernah terkena ruam atau cairan tubuh orang yang terinfeksi. Orang hamil yang terinfeksi dapat menyebarkan virus cacar monyet ke janin. Sedangkan, cacar monyet menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan.

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.