get app
inews
Aa Read Next : Paksa Alex Chandra Maju Pilkada, Ratusan Petani Bawang di Brebes Ambil Formulir Pendaftaran

10 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Youtuber, Pemula Wajib Simak

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:57 WIB
header img
Sepuluh hal yang harus diperhatikan untuk menjadi Youtuber, pemula wajib simak. (Foto: Ilustrasi)

3. Siapkan HP atau Kamera yang Kualitasnya Cukup Bagus

Untuk YouTuber pemula hanya dengan bermodalkan HP, hal pertama yang mesti kamu siapkan adalah HP itu sendiri untuk merekam kegiatanmu nanti. Walaupun hanya dengan menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, bisa jadi hasil videomu nanti memiliki kualitas yang tergolong bagus. Lebih baik lagi kalau handphone kamu itu memiliki resolusi kamera yang memenuhi standar. Minimalnya bisa rekam 1080p. 

4. Pilih Aplikasi Video Editor yang Ramah Smartphone

Perkembangan teknologi yang sedemikian rupa bisa memungkinkan kamu untuk mengedit dan memproduksi video melalui layar ponsel. Pilih aplikasi yang kamu kuasai penggunaannya, memang mungkin fitur-fiturnya tidak selengkap aplikasi editor video PC. 

Biasanya ada juga aplikasi edit video di laptop yang berbayar. Namun, tak jarang pula kamu menemui yang gratis. Melihat kamu yang masih tergolong baru dalam dunia per-YouTube-an ini, saran kami supaya memakai aplikasi yang sederhana dulu dan biasanya itu tidak perlu mengeluarkan biaya.

5. Tentukan Niche Sesuai Kemampuan 

Niche atau topik  merupakan hal yang penting. Pastikan memilih topik yang Anda kuasai. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menyampaikan informasi. 

Beberapa contohnya seperti musik, gim, kuliner, fashion, dan lain sebagainya. 

6. Pilih Jenis Konten Video 

Selanjutnya, Anda dapat memilih  jenis konten yang cocok dengan topik tersebut. Jenis kontennya seperti pendidikan, hiburan, atau menunjukkan (envince). Tidak hanya harus sesuai dengan niche, jenis kontennya harus sesuai dengan karakter dan kemampuan. 

Konten yang disajikan sebaiknya tidak hanya menghibur, tapi memiliki nilai edukasi. 

7. Bangun Karakter 

Karakter atau ciri khas menjadi salah satu cara menjadi YouTuber yang sukses. Ciri khas yang dapat Anda tonjolkan, misalnya, intonasi bicara, tagline menarik, atau penampilan yang unik. 

Bangunlah karakter yang sesuai dengan jati diri Anda. 

8. Konten yang Menarik 

Cara selanjutnya hal yang harus Anda persiapkan untuk menjadi YouTuber adalah membuat konten yang menarik yang  dibangun dengan beberapa persiapan mulai dari memikirkan ide, persiapan perlengkapan teknis pembuatan video, proses produksi, editing, sampai tahapan mengunggah video ke kanal YouTube. 

9. Promosi 

Promosi menjadi hal yang tak kalah penting. Manfaatkan sosial media untuk membangun kanal YouTube Anda. Gunakan seluruh sosial media sebagai media promosi agar channel Anda semakin banyak dikunjungi orang.  

10. Konsisten 

Cara menjadi YouTuber yang terakhir adalah konsisten. Untuk menjadi YouTuber yang besar dan dikenal semua orang, Anda harus konsisten menyajikan konten yang menarik dan berkualitas dari waktu ke waktu. Tentu saja hal ini tidaklah mudah. 

Namun dengan komitmen yang kuat, Anda pasti bisa menjadi YouTuber. Penghasilan YouTuber Indonesia Salah satu daya tarik banyak orang untuk menjadi YouTuber adalah karena penghasilannya yang besar. 

Itulah penjelasan 10 hal yang harus diperhatikan untuk Jadi Youtuber. Semoga informasi ini menambah motivasi Anda menjadi seorang konten kreator. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut