Logo Network
Network

Tersangka Korupsi Dana Desa, Lapas Brebes Berikan Remisi Kades Bangsri

Petra Akbar
.
Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:31 WIB
Tersangka Korupsi Dana Desa, Lapas Brebes Berikan Remisi Kades Bangsri
Secara simbolis 2 napi menerima remisi dalam rangka HUT RI ke 77. (Foto:Petra Akbar)

B​​​​​REBES, iNews.id - Narapidana mantan Kepala desa (Kades) Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes Devi Ferdian Susanto, dihari kemerdekaan ke 77 ini mendapatkan remisi dari Lapas Kelas llB Brebes, Rabu, (17/08/2022).

 

Diketahui, Ia divonis satu tahun penjara karena kasus korupsi Dana Desa (DD) 2019 lalu sejumlah Rp. 101 Juta. Hal itu diketahui setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Semarang menggelar sidang secara online, Selasa (22/03/2022) lalu. 

Selain mantan Kades Bangsri, ada 207 Narapidana (Napi) lain yang mendapatkan remisi.

Mereka terdiri dari Remisi Umum I (RU I) sebanyak 204 narapidana, dan Remisi Umum II (RU II) sebanyak 4 narapidana. Masing-masing narapidana mendapatkan remisi hukuman mulai dari 1 hingga 6 bulan. 

Kepala Lapas Kelas II B Brebes, Isnawan mengatakan, total narapidana yang mendapatkan remisi ada 208 orang dari 290 narapidana dan tahanan di Lapas Kelas IIB Brebes. Rinciannya RU I berjumlah 204 orang terdiri dari remisi 1 bulan sebanyak 59 orang, remisi 2 bulan 46 orang, remisi 3 bulan 56 orang, remisi 4 bulan 24 orang, remisi 5 bulan 22 orang dan remisi 6 bulan 1 orang. 

"Mayoritas warga binaan yang mendekam adalah pelaku dalam kasus pidana umum, narkotika, termasuk Napi korupsi," kata Isnawan, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, lanjut Isnawan, ada 4 narapidana yang mendapatkan RU II. Satu orang di antaranya langsung bebas, yaitu terpidana kasus pencurian atas nama M. Warisin, warga Balapulang, Tegal. Sedangkan 3 narapidana lainnya masih menjalani subsider hukuman karena kasus narkotika dan denda tidak dibayar.

"Sebanyak 82 orang belum memenuhi persyaratan untuk diusulkan remisi dikarenakan belum menjalani 6 bulan dari masa pidana dan kelengkapan berkas-berkas administrasi serta masih berstatus tahanan," tuturnya. 

Kalapas mengungkapkan, di Lapas Kelas IB Brebes ada 290 narapidana yang terdiri dari kasus tindak pidana umum sebanyak 210 orang, tindak pidana khusus narkotika sebanyak 72 orang, dan tindak pidana khusus korupsi sebanyak 8 orang. Jumlah tersebut telah melebihi daya tampung maksimal atau telah over kapasitas yang harusnya menampung 161 orang. 

Pemberian remisi di Lapas Kelas IIB Brebes dihadiri oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, Polres Brebes, Kodim 0713 Brebes, serta Kejaksaan Negeri Brebes. Penyerahan SK Remisi diserahkan oleh Bupati Idza Priyanti kepada dua perwakilan warga binaan yang mendapatkan remisi. Remisi diberikan ke warga binaan yang sudah menjalani masa hukuman lebih dari satu tahun dengan berkelakuan baik.

"Diharapkan warga binaan yang mendapatkan remisi bebas bisa menjalani hidup yang lebih baik di tengah masyarakat. Mereka bisa berbaur di lingkungan masyarakat dengan berkelakuan baik dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Bagikan Artikel Ini