Logo Network
Network

Top! Perumda Tirta Baribis Brebes Raih 10 BUMD Air Minum Terbaik se-Jateng

Petra Akbar
.
Selasa, 05 Maret 2024 | 11:44 WIB
Top! Perumda Tirta Baribis Brebes Raih 10 BUMD Air Minum Terbaik se-Jateng
Direktur PDAM Agus Isyono saat menyerahkan penghargaan ke Pj Bupati Brebes. Foto: Istimewa

BREBES, iNews.id - Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes yang di Nahkodai Agus Isyono kembali sukses meraih penghargaan peringkat ke-4 BUMD Air Minum terbaik se Jawa Tengah tahun 2024 dari 35 PDAM Se Jawa Tengah. Sementara di tingkat nasional, Tirta Baribis menempati posisi 17 dari 387 PDAM se Indonesia. 

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Tengah M Haryo Nugroho dan diterima langsung Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono saat Rakerda DPD Perpamsi Jawa Tengah, di Hotel Aria Gajayana, Malang, Jawa Timur, Jumat (1/3/24) lalu.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes Agus Isyono mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Perpamsi atas kemajuan dan perubahan yang signifikan BUMD Air minum di Jawa Tengah. Termasuk Tirta Baribis yang terbukti telah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Tirta Baribis telah terbukti meningkatkan cakupan layanan, peningkatan laba Perusahaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia keluarga besar Perumda Tirta Baribis. 

“Peningkatan ketiga unsur itu, membuat Tirta Baribis makin diperhitungkan oleh Perpamsi,” ujarnya dalam rilis tertulis yang diterima iNewsBrebes.id, Selasa (05/03/2024).

Dengan penghargaan dan apresiasi dari Perpamsi, lanjut Agus, semoga bisa menjadi pemicu semangat dan dedikasi dalam hal pelayanan air bersih dan Akan lebih meningkatkan pelayanannya.

"Kami juga akan memperluas cakupan air dengan menargetkan lima ribu sambungan baru. Juga akan melaksanakan Instruksi Presiden sebanyak 4.272 sambungan baru di tahun 2024," terangnya.

Agus mengungkap, pihaknya telah menekan Tingkat kebocoran lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang semula 26 persen, kini di 2024 menjadi 25,5 persen.

Selain penghargaan di atas, Perumda Air Minum Tirta Baribis banyak meraih prestasi dan penghargaan, diantaranya Top BUMD Award Bintang 5 dari majalah Top Business dan Lembaga Nawacita 2023. Sebelumnya juga selama 4 kali meraih BUMD Award bintang 4.

Selain itu, salah satu keberhasilan Perumda Tirta Baribis Kabupaten Brebes yaitu mampu meningkatkan cakupan layanan dengan melakukan sejumlah terobosan dan inovasi. Tirta Baribis yang berdiri sejak tahun 1992, telah melayani lebih dari 3 dekade dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Brebes.

Di tahun 2024 ini, lanjut Agus, bertekad meningkatkan produksi air dengan relokasi Sumber Air Tuk Uleng Sirampog dan Pembangunan SPAM Bendung Kuningan yang keduanya bisa memproduksi air 200 liter/detik setara dengan 20 ribu sambutan pelanggan.

“Sesuai dengan filosofis BARIBIS yaitu; Bersih, Adaptasi, Ramah, Integritas, Bijak, Intelektual dan Sehat, kami bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan,” tandasnya.

Sementara Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, mengaku bangga dengan penghargaan yang diterima Perumda Air Minum Tirta Baribis dari Perpamsi Jateng. Selaku pemilik, dia mengapresiasi kinerja dari direksi hingga karyawan yang telah meningkatkan kualitasnya yang lebih baik. Selaras dengan itu, Iwan berharap meningkatkan lagi mutu pelayanan kepada masyarakat pelanggan Bebes. 

“Alhamdulillah, semakin kesini Perumda Air Minum Tirta Baribis makin diperhitungkan di tingkat daerah maupun nasional. Semoga pelayanannya semakin baik kepada para pelanggan sebagai komitmen terbai knya,” pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News

Bagikan Artikel Ini