get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Simpatisan Kawal Paramitha Ambil Formulir Bacabup Brebes ke DPC PDIP

Bulog Pekalongan Jamin Stok Beras Aman, Bantuan Pangan Diperpanjang Hingga Desember

Sabtu, 11 November 2023 | 15:58 WIB
header img
Kepala Cabang Bulog Pekalongan didampingi Kepala Gudang Bulog Cimohong. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Bulog Pekalongan menyatakan 20.000 ton stok beras aman untuk penyaluran bantuan pangan (Bapang) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga Desember mendatang.

Kepala Bulog Cabang Pekalongan, Ramadin Ruding mengatakan, stok 20.000 ton tersedua di gudang Bulog dari wilayah Kabupaten Batang hingga Brebes. 

"Sedangkan untuk stok di gudang Bulog Cimohong, Brebes sendiri masih di angka 1.800 ton," ujarnya didampingi kepala gudang Bulog Cimohong Donny Aji Setyawan usai rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di kantor Pemkab Brebes, Kamis (9/11/2023). 

Ramadin menyebutkan, tahun ini sesuai instruksi dari pemerintah pusat penyaluran Bapang kepada KPM bakal diperpanjang hingga Desember mendatang.

Untuk sekarang ini, pihaknya masih menyalurkan tahap sebelumnya ke sejumlah desa di beberapa kecamatan di wilayah Brebes. 

Ramadin sementara mengaku belum bisa berkomentar terkait upaya pemerintah menstabilkan harga beras dengan Bapang hingga tahun depan. 

"Bapang tahun ini hingga Desember. Saat ini kami masih menyalurkan Bapang yang tahapan bulan ini. Untuk tahun depan belum ada instruksi dari pemerintah. Bulog hanya pelaksana," ungkapnya.

Ramadin juga menyampaikan, Bapang ini diharapkan bisa membantu perekonomian KPM. Terutama dalam menstabilkan harga beras yang tergolong masih tinggi.

Saat ini pihaknya masih fokus terhadap distribusi bantuan pangan tahap II untuk 3 bulan, yaitu September, Oktober dan November.

"Untuk sementara fokus kami penyaluran bantuan pangan tahap II untuk 3 bulan, September, Oktober dan November. Namun, kami pertagas lagi, stok hingga Desember nanti beras di wilayah kerja kami masih aman," katanya.

Ditambahkan Ramadin, beras bantuan pangan ini merupakan beras impor. Untuk Gudang Bulog Cimohong, Brebes, stok beras untuk bantuan pangan adalah beras impor dari Vietnam dan Thailand.

Ramadin menyebutkan, penyediaan stok beras di Bulog Cabang Pekalongan sejak tahun 2023, merupakan beras impor dari Thailand. "Persediaan stok sejak tahun 2023 ini memang dari impor, khususnya Thailand," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut