get app
inews
Aa Read Next : Ada Sinyal Kuat dari Demokrat Brebes, Paramitha Berpeluang Besar Dapat Rekomendasi

Harga Bawang Merah Melorot, Bapanas : Perlu Kolaborasi Untuk Menjaga Harga

Rabu, 20 September 2023 | 13:15 WIB
header img
Harga Bawang Merah di Brebes Melorot, Bapanas : Perlu Kolaborasi Untuk Menjaga Harga : Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah gudang bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah di saat harga bawang tengah mlorod, Selasa (19/9/2023) malam. Pihknya mengapresiasi petani di Brebes lantaran masih bisa panen lantaran El Nino sedang berlangsung.

"Apresiasi petani di Brebes di tengah El Nino masih bisa tanam bawang, bisa panen. Tadi saya keliling sama Pak Bupati juga. Keren sekali petani bawang di Brebes ini," ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi didampingi PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Yulia Hendrawati.

Dalam kunjungannya, kepala Bapanas meninjau gudang bawang dengan Sistem Resi Gudang (SRG) berteknologi Controle Athmosphere Storadge (CAS) di Desa Klampok, Wanasari.

Seperti diketahui, harga bawang merah yang baru panen di tingkat petani, menyentuh Rp12.000 per kilogram, di bawah harga break even point (BEP) atau titik impas Rp15.000 per kilogram.

Pihaknya menyarankan, perlunya kolaborasi banyak pihak dalam mengatasi persoalan harga bawang merah yang sedang turun. 

"Makanya kita perlu pengusaha-pengusaha termasuk BUMN di bidang pangan. Kemudian kerjasama antar daerah, saya cerita ke Bupati tadi di sini bawang dijual Rp 11-12 ribu per kilogram, di daerah lain ada yang dijual sampai Rp 30 ribu artinya potensi ini yang bisa kita garap sama-sama," kata Arief. 

Menurut Arief, perlu kolaborasi bersama agar menjaga harga bawang merah tetap stabil. Artinya petani tetap sejahtera dengan harga yang cukup, dan masyarakat sebagai konsumen juga membeli dengan harga yang tidak terlalu tinggi. 

"Sekarang tugas kita sama-sama menjaga harga jual. Pertama di tingkat petani, dan di konsumen. Jadi tidak hanya bagus di tingkat petani namun hilirnya ada 250 juta orang yang memerlukan. Apalagi bawang Brebes banyak masuk ke daerah lain. Artinya daerah lain juga bergantung pada Brebes," kata Arief.

Sementara Ketua ABMI Dian Alex Chandra mengatakan, pemerintah di saat harga bawang anjlok agar bisa turun tangan melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pangan untuk menyerap bawang.

"Mungkin pemerintah bisa menunjuk BUMN pangan untuk menyerap pada saat seperti ini untuk dikelola. Dan silahkan bisa dikerjasamakan dengan asosiasi," kata Alex di hadapan Kepala Bapanas Arief.

Alex mengatakan, pemerintah bisa membeli bawang merah di daerah-daerah yang memang sedang suprlus. Dengan menggandeng asosiasi, bisa bersama-sama melakukan pemetaan. 

"Karena mungkin yang tahu pemetaan bawang merah di Indonesia adalah asosiasi bawang merah. Dan kita tahu mana yang surplus dan minus. Dan daerah yang surplus itu bisa dibeli tentunya dengan harga di atas BEP," kata Alex. 

Menurut Alex dengan membeli bawang merah milik petani di atas BEP atau titik impas biaya produksi maka petani tidak mengalami kerugian.

"Jadi masyarakat petani tidak dirugikan, dan konsumen juga beli tidak mahal. Dan pada saat langka bawang tersebut bisa dikeluarkan atau disalurkan ke daerah-daerah yang sedang minus bawang merah," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut