get app
inews
Aa Read Next : KAI Kucurkan Dana CSR Rp175 Juta Untuk Peningkatan Jalan, Drainase dan TPS di Brebes

15 Petani Penggarap di Pemalang Terima Bantuan Modal dari Pupuk Kujang dan Baitul Maal PLN 

Senin, 11 September 2023 | 15:02 WIB
header img
15 Petani Penggarap di Pemalang Terima Bantuan Modal dari Pupuk Kujang dan Baitul Maal PLN . Foto : Istimewa

PEMALANG, iNews.id – Belasan petani penggarap di Desa Jebed Selatan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mendapatkan bantuan program Makmur. Dimana program yang diinisiasi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir itu membantu petani penggarap agar lebih sejahtera. 

Diketahui, petani penggarap merupakan petani yang tidak punya lahan. Hanya bermodal cangkul, mereka menggarap lahan milik orang lain. Pendapatan mereka berupa bagi hasil saat panen. 

Beragam kendala kerap mereka hadapi saat bertani, mulai dari minimnya modal tanam, sarana produksi pertanian yang terbatas, hingga jeratan lintah darat dan aksi para tengkulak. Berbagai kendala itu membuat penggarap tak menikmati keuntungan panen secara maksimal. 

“Melihat berbagai kendala petani penggarap itu, kita putuskan untuk bergerak membantu para petani tersebut,” ujar Saiful Rohdian, Koordinator Program Makmur Pupuk Kujang, Senin (11/09/2023).

Saiful menuturkan, dalam membantu para penggarap itu, Pupuk Kujang tak sendiri. Sejumlah pihak ikut membantu. Salah satunya Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) cabang Semarang. Mereka menyalurkan dana untuk modal tanam kepada 15 orang petani penggarap di Jebed Selatan. 

“Dengan bantuan dana dari Baitul Maal PLN, para penggarap ini tak perlu mengeluarkan modal tanam dan bisa langsung melakukan budidaya padi. Bahkan modalnya tak perlu dikembalikan, tapi digunakan untuk modal di musim tanam berikutnya sehingga dapat berkelanjutan,” ujar Saiful. 

Dalam program Makmur untuk petani penggarap di Jebed Selatan, ujar Saiful, tim agronomis Pupuk Kujang mendampingi 15 orang petani dengan total luas lahan 5 hektare sawah. Tak hanya itu, petani juga diberikan konsultasi dan pendampingan hingga panen maksimal

“Para penggarap ini diajak untuk melakukan budidaya moderen dengan berbagai produk premium (non subsidi) buatan Pupuk Kujang. Kita perlakukan lahan sebaik mungkin dengan mengaplikasikan sistem pemupukan berimbang,” kata Saiful. 

Sebelumnya, lanjut Saiful, program serupa juga terbukti meningkatkan hasil panen petani dari awalnya 5 ton menjadi 7 hingga 8 ton per hektare setelah ikut Program Makmur.

“Program Makmur sudah berjalan 4 musim di sana,” kata Saiful. 

Beras yang dihasilkan pun bukan sembarangan. Di sana, petani didampingi hingga bisa menghasilkan beras premium berkualitas tinggi. Menanam varietas Ciherang dan Inpari 32, hasil panen para petani dibeli oleh PT Pemalang Agro Sejahtera untuk menghasilkan beras premium yang diberi merek Beras Makmur.     

Sementara itu, Nurul Huda dari Yayasan Baitul Maal PLN menuturkan, meski PLN adalah BUMN di klaster energi, tak menghalangi untuk berkolaborasi dengan Pupuk Kujang yang berada di klaster pupuk pangan.

 “Ini merupakan sinergi BUMN untuk mendukung Program Makmur sebagai cara mensejahterakan petani. khususnya petani penggarap,” kata Huda. 

Huda menuturkan, Baitul Maal PLN tergerak membantu petani penggarap di Jebed Selatan karena mereka belum sejahtera. 

“Tak sedikit juga para penggarap ini terjebak sistem ijon, gabah yang mereka hasilkan dibeli dengan harga rendah sebelum panen,” ungkap Huda 

Karena berbagai kendala itu, ujar Huda, para penggarap ini termasuk kategori mustahik atau penerima zakat. 

“Para penggarap ini bahkan terdata sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah, kebanyakan penggarap ini rata-rata tinggal di rumah semi permanen,” tandasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut