get app
inews
Aa Read Next : Piala AFF 2022 ini Tim yang Satu Grup dengan Timnas Indonesia, Thailand Paling Berat

Brebes Ekspor 96 Ton Bawang Merah ke Thailand

Kamis, 10 Agustus 2023 | 22:00 WIB
header img
96 Ton Bawang di ekspor ke Thailand. Foto: Istimewa

BREBES, iNews.id - Setelah sukses menggelar Festival Bawang Merah pada Juli kemarin, Kabupaten Brebes mengekspor bawang merah ke Thailand. Sebanyak 4 kontainer berisi 96 ton, diperkirakan memiliki nilai transaksi sebesar $232.000 US atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Ekspor dilepas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin di Gudang PT. Agri Indo Sejahtera Klampok, Rabu (9/8/2023).

"Saat ini kita memang di bawah ancaman El Nino namun kami akan turun tangan untuk mengatasinya, bahkan di beberapa lokasi justru produksi bawang merah di berbagai sentra di Indonesia pada bulan ini diprediksi melimpah," ujarnya.

El Nino bukan sesuatu yang harus ditakuti. Adapun yang harus dilakukan adalah langkah mitigasi. Dia mengatakan melalui kegiatan ekspor hari ini, pemerintah ingin menunjukkan negara selalu hadir untuk menjaga agar harga di tingkat petani harus tetap menguntungkan.

"Perintah Presiden Jokowi agar seluruh kementerian terkait akan saling berkoordinasi. Dengan begitu, petani bisa tetap semangat berproduksi dan negara pun masih mampu mendulang devisa untuk kepentingan pembangunan yang lebih luas," terangnya.

Syahrul mengatakan pemerintahan di bawah Presiden Jokowi mampu menjaga inflasi nasional tetap terkendali. Inflasi nasional bulan Januari hingga Juli 2023 terus menunjukkan tren menurun. Bulan Juli 2023 ini inflasi nasional berada di angka 3,08 persen, angka terendah yang dicapai pada tahun 2023 ini.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian RI, selama ini telah dibantu. Setelah gelaran Festival Bawang Merah Brebes, ekspor bawang merah ini juga atas bantuan kementerian pertanian.

"Festival kemarin heboh pak, baru pertama dan momen bersejarah, ada 20 kegiatan, dimana para petani juga turut terlibat lomba mbutik, nggedeng rogol bawang, dan mereka merasa dimanusiakan, mereka pekerja keras untuk pertanian Brebes," tuturnya.

Urip menyampaikan, produksi bawang merah Brebes tahun 2022 sebesar 385 ribu ton, berkontribusi terhadap produksi nasional sebesar 19,4 persen. Di tahun 2023 sampai Juli produksi sudah 195 ribu ton, dan diperkirakan sampai akhir tahun 2023 mencapai 388 ribu ton.

"Dengan luasan tanam mencapai 34 ribu hektare, kami memperkirakan produktivitas bawang merah akan mencapai 388 ribu ton dan angka ini naik dari tahun 2022 lalu," ucapnya.

Urip juga menuturkan, ekspor bawang merah di Brebes sudah dimulai sejak Juli, dengan negara tujuan Thailand dan Singapura sebanyak 12 kontainer. Agustus sebanyak 40 kontainer dan direncanakan sampai November sebanyak 140 kontainer dengan tujuan negara yang sama.

"Sebenarnya banyak lahan di Brebes yang cukup subur, namun kekurangan air, kami terus berusaha dan perlu bantuan dari kementerian pertanian, agar Brebes bisa terus tampil menjadi penyumbang produksi bawang merah baik nasional maupun ekspor," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut