get app
inews
Aa
Read Next : Kasihan! Petani Ini Meninggal Gegara Jadi Korban Tabrak Lari saat Berhenti di Lampu Merah Brebes

PNS di Brebes Berkurang, PJ Bupati Berharap Ada Formasi CPNS Kembali

Kamis, 10 Agustus 2023 | 21:44 WIB
header img
PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin serahkan SK pensiun PNS. Foto: Istimewa

BREBES, iNews.id - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan Pegawai Daerah, makin berkurang akibat Formasi CPNS yang sangat sedikit. Bahkan tahun 2023 tidak ada formasi yang ada hanya Formasi P3K sebanyak 2.651. Akibatnya SDM Brebes dalam kondisi kritis untuk mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Brebes.

Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin saat Penyerahan Surat Keputusan Pensiun Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 September sampai dengan 1 Nopember 2023, di Aula KPT Brebes, Rabu (9/8/23).

 Urip melihat kondisi pegawai daerah sekarang cukup kritis jika ada 1000 orang dalam satu tahun pensiun. Padahal Brebes membutuhkan pegawai paling tidak 36-40 ribu PNS. Akibat banyak yang pensiun maka dalam waktu yang tidak lama kondisi SDM Brebes sangat kritis untuk mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Brebes. 

“Semoga Pemerintah Pusat akan membuka kembali formasi CPNS di waktu-waktu mendatang,” tuturnya.

Untuk itu, Urip mengucapkan selamat kepada hadirin yang telah lulus memasuki masa purna tugas dan berhasil untuk mendapatkan penghargaan pensiun. Memasuki pensiun, Urip mengaku tidak bisa membalas jasa, hanya ucapan terima kasih yang mendalam atas kinerja yang diberikan selama manjadi abdi negara dan abdi masyarakat. 

Kepala BKPSDMD Yuta Sugiharti melaporkan, PNS yang mencapai batas usia pensiun TMT 1 September hingga 1 November 2024 sejumlah 152 orang. Mereka terdiri dari Pejabat eselon II sebanyak 2 orang yakni Agus As'Ari yang saat ini menjabat sebagai Assisten 2 Sekda, TMT 1 September 2023 dan Sutrisno Kadin Perwaskim TMT 1 Oktober 2023.

Untuk pejabat eselon III sebanyak 4 orang, Pejabat eselon IV juga 4 orang, Pelaksana/Staf ada 40 orang, tenaga kependidikan 99 orang, tenaga kesehatan 1 orang, dan pejabat fungsional lainnya sebanyak 2 orang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut