get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Ini Asal Usul Panglima Jilah, Pimpinan Pasukan Merah Suku Dayak yang Dikenal Kebal dan Sakti

Senin, 09 Januari 2023 | 16:46 WIB
header img
Ini asal usul panglima Jilah, pimpinan merah suku dayak yang dikenal kebal dan sakti. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebres.id - Ini asal usul panglima Jilah, pimpinan merah suku dayak yang dikenal kebal dan sakti. Asal usul Panglima Jilah Suku Dayak menarik untuk dibahas dan akan dibahas pada artikel ini.

Anda orang Kalimantan? mungkin sudah tidak asing dengan Panglima Jilah atau Pangalangok Jilah. Sosok panglima Jilah sendiri merupakan pimpinan dari pasukan Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) alias pasukan merah yang berasal dari Suku Dayak.

Pasukan merah sendiri adalah pasukan elit yang memiliki peran dalam mempertahankan adat istiadat serta hak-hak Suku Dayak. Penasaran dengan asal usul panglima Jilah, pimpinan merah suku dayak yang dikenal kebal dan sakti.

Lantas bagai mana asal usul panglima Jilah?. Dikutip dari Okezone.com, Senin (9/1/2023) inilah asal usul panglima Jilah, pimpinan merah suku dayak yang dikenal kebal dan sakti.

Asal usul panglima Jilah:

1. Perjalanan masa kecil

Panglima Jilah yang menjadi simbol perjuangan masyarakat Suku Dayak ini lahir dengan nama Agustinus Jilah. Ia lahir di Desa Sambora, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, pada 19 Agustus 1980.

Semasa kecil, Panglima Jilah mengalami hidup yang kurang beruntung. Secara fisik, penampilannya tampak kurang sehat dengan perut buncit dan lidahnya kerap keluar. Kondisi ini menyebabkan banyak orang tidak terlalu menyukainya.

Tak hanya itu saja, Panglima Jilah juga mengalami gagap semasa kecilnya. Sehingga komunikasinya cukup terbatas. Namun, di saat dewasa Panglima Jilah terkenal dengan orasinya di mana-mana.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut