get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Mitos atau Fakta tidak Boleh Potong Rambut saat Haid, Menurut Ajaran Agama Islam

Jum'at, 30 Desember 2022 | 21:56 WIB
header img
Mitos atau fakta tidak boleh potong rambut saat haid, menurut ajaran agama Islam. . Foto: Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, iNewsBrebes.id Mitos atau fakta tidak boleh potong rambut saat haid, menurut ajaran agama Islam. Adanya larangan potong rambut saat haid masih menjadi misteri dikalangan masyarakat.

Haid adalah siklus bulanan bagi wanita yang sel telurnya tidak dibuahi oleh sperma. Tidak dibuahinya sel telur membuat dinding rahim menjadi luruh, peluruhan dinding rahim inilah yang kemudian dikeluarkan farji berupa darah.

Wanita haid dianggap sedang berhadas sehingga membuatnya dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu seperti tidak boleh sholat. Adanya larangan-larangan tersebut, membuat segelintir oknum masyarakat menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas dan belum bisa dipastikan kebenarannya.

Salah satu mitos khusus perempuan yang sering dipercaya oleh masyarakat adalah tidak boleh potong rambut saat haid. Berdasarkan kepercayaan tersebut, potong rambut saat haid dilarang karena berada dalam kondisi tidak suci.

Lanas mitos atau fakta tidak boleh potong rambut saat haid?. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022) berikut penjelasan mitos atau fakta tidak boleh potong rambut saat haid.

Potong rabut saat haid:

Dikutip dari buku, ‘’Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam’’ yang diterbitkan oleh Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (LPLHSDA-MUI) menyebutkan kalau hukum memotong rambut dan potong kuku  saat haid bagi perempuan itu diperbolehkan. Selian itu, perempuan yang tengah haid, tidak perlu mencuci rambut dan kuku yang sudah dipotong tersebut saat bersuci atau saat mandi junub atau jinabat.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut