get app
inews
Aa Read Next : May Day, Ratusan Buruh Ngadu ke PJ Bupati Brebes, Ini Tuntutan Mereka

Kawah Ijen Ditutup Pas Malam Tahun Baru, Ternyata Ini Alasannya

Rabu, 28 Desember 2022 | 09:51 WIB
header img
Kawah Ijen ditutup pas malam tahun baru, ternyata ini alasannya. Foto: DOK.iNews.id.

BANYUWANGI, iNewsBrebes.id Kawah Ijen ditutup pas malam tahun baru, ternyata ini alasannya. Taman Wisata Alam (TWA) Ijen yang berada di Banyuwangi bersiap menghadapi pergantian malam Tahun Baru 2023. 

Sejumlah persiapan dilakukan meningkatkan kenyamanan kepada para wisatawan yang masuk ke TWA Ijen. Gunung Ijen sendiri adalah salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Jawa.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Purwantono menyatakan, khusus malam pergantian tahun baru pihaknya melarang ada aktifitas di sana. Bahkan, akses pendakian ke puncak Gunung Ijen pun di malam pergantian tahun ditutup, hanya setelah waktu menunjukkan pukul 02.00 WIB dini hari atau pada 1 Januari 2023 dini hari wisatawan diperbolehkan untuk naik sambil melihat matahari terbit dari atap Gunung Ijen.

"Baru boleh mendaki pada pukul 02.00 WIB. Sehingga saat pergantian tahun wisatawan masih berada di Paltuding (pos satu)," ucap Purwantono saat dihubungi, Rabu (28/12/2022).

Alasannya pelarangan perayaan malam pergantian tahun baru di TWA Ijen karena masuk area konservasi yang merupakan habitat aneka ragam flora dan fauna. Tak hanya itu, di gunung dengan ketinggian 2.760 Mdpl ini juga pengelola melarang menyalakan petasan atau pun sejenisnya yang ditakutkan mengganggu ekosistem lingkungan di sana.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut