get app
inews
Aa Read Next : Ini Sebab Kenapa Orang Jawa Tidak Punya Marga

Menengok Mitos Pantai Parangtritis, Salah Satunya Larangan Mengunakan Baju Warna Hijau

Senin, 19 Desember 2022 | 21:47 WIB
header img
Menengok mitos pantai Parangtritis, salah satunya larangan mengunakan baju warna hijau. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebes.id Menengok mitos pantai Parangtritis, salah satunya larangan mengunakan baju warna hijau. Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. 

Jaraknya sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta dan telah menjadi ikon pariwisata di Yogyakarta. 

Pantai Parangtritis dikenal memiliki ombak ganas serta menyimpan sejuta misteri di dalamnya. Banyak mitos, pantangan, serta keanehan yang hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat setempat. 

Mulai dari mitos larangan memakai baju warna hijau, banyaknya korban yang terseret gelombang ombak, hingga legenda Ratu Laut Kidul. Pantai ini memiliki nilai simbolis yang merupakan garis yang sifatnya magis dan menghubungkan Panggung Krapyak, Kraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta serta Gunung Merapi, garis ini dikenal sebagai Garis Imajiner  atau Sumbu Filosofi Yogyakarta. 

Pantai Parangtritis memang memiliki pesona yang luar biasa, tak hanya keindahan panorama alamnya tetapi pantai ini juga kaya akan nilai budaya, sejarah, serta mitos yang terkandung didalamnya. Itu dia pembahasan mengenai misteri Pantai Parangtritis. 

Lantas apa saja mitos pantai Parangtritis?. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (19/12/2022)berikut mitos pantai Parangtritis.

Mitos pantai Parangtritis:

1. Gerbang Menuju Laut Selatan

Pantai Parangtritis memiliki banyak sekali misteri dan mitos yang hingga kini masih dipercayai oleh masyarakat setempat. Salah satu kepercayaan yang beredar di masyarakat Yogyakarta adalah keberadaan Ratu Laut Selatan atau yang sering disebut Nyi Roro Kidul.  

Masyarakat Yogya dan khususnya orang Jawa, meyakini Pantai Parangtritis merupakan gerbang menuju Istana Laut Selatan  milik Ratu Kidul. 

2. Larangan menggunakan pakaian berwarna hijau

Berkembang pula mitos yang menyebutkan bahwa pengunjung yang datang ke pantai ini dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Konon katanya, dikatakan bahwa Ratu Laut Kidul sangat menyukai warna hijau.

Apabila ada wisatawan yang berkunjung dengan memakai pakaian berwarna hijau, akan dijadikan sebagai prajurit atau pengawal Ratu Laut Kidul. Mitos tersebut hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat setempat serta orang Jawa. 

Sehingga tak ada yang berani memakai pakaian berwarna hijau ketika mengunjungi Pantai Parangtritis. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut